Tujuan Pernikahan dalam Islam

Dina Yonada

Tujuan Pernikahan dalam Islam
Tujuan Pernikahan dalam Islam

Pernikahan merupakan salah satu ibadah yang sangat penting dalam Islam. Tujuan dari pernikahan sendiri adalah mencari ridha Allah SWT sekaligus membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Pernikahan juga dapat menjaga kehormatan dan kesucian diri serta meminimalisir terjadinya perbuatan zina.

Sebelum menikah, ada baiknya memahami tujuan pernikahan dalam Islam secara lebih mendalam agar dapat menjalankan pernikahan dengan baik dan sesuai dengan ajaran agama. Berikut ini adalah beberapa tujuan pernikahan dalam Islam:

1. Menjaga Akhlak dan Kesucian Diri

Tujuan utama pernikahan dalam Islam adalah menjaga akhlak dan kesucian diri. Pernikahan menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga diri dari perbuatan zina dan melindungi diri dari godaan syahwat yang merusak akhlak seseorang.

2. Mewujudkan Keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah

Tujuan pernikahan dalam Islam selanjutnya adalah membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Keluarga sakinah artinya keluarga yang penuh ketentraman dan kebahagiaan, mawaddah artinya keluarga yang penuh dengan kasih sayang dan cinta, dan warahmah artinya keluarga yang penuh dengan rahmat dan kelembutan.

3. Membentuk Manusia yang Baik dan Berakhlak Mulia

Pernikahan dalam Islam juga bertujuan untuk membentuk manusia yang baik dan berakhlak mulia. Keluarga merupakan institusi pertama dalam pendidikan dan pertumbuhan individu. Oleh karena itu, jika suasana keluarga baik, maka akan membentuk anak-anak yang baik pula.

4. Memperkuat Persatuan dan Kepedulian

Pernikahan dalam Islam juga memiliki tujuan untuk memperkuat persatuan dan kepedulian antara sesama manusia dan antara keluarga sendiri. Dengan adanya pernikahan, maka akan terjalin hubungan kekerabatan yang lebih erat antara keluarga dan terbentuklah persatuan dalam membangun kehidupan yang kesatuan.

BACA JUGA:   Mengapa Lebih Baik Memakai Cincin Kawin Setiap Hari dan Bagaimana Menyelesaikan Masalah jika Memberatkan

5. Mencari Ridha Allah SWT

Tujuan akhir pernikahan dalam Islam adalah untuk mencari ridha Allah SWT. Dalamnya, pernikahan merupakan ikhtiar dan amalan yang ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Saat menikah, kita juga dianjurkan untuk melakukan doa agar pernikahan yang akan dijalani bisa diberkahi oleh Allah SWT.

Maka dari itu, membentuk keluarga sakinah, mawaddah, dan warahmah tak hanya berpatokan pada cinta dan kasih sayang saja, namun juga harus dilandasi dengan rasa takwa dan ketakwaan terhadap Allah SWT.

Kesimpulan

Pernikahan dalam Islam memiliki tujuan yang sangat mulia, yakni mencari ridha Allah SWT dan membentuk keluarga sakinah, mawaddah, dan warahmah. Dalam menjalankan pernikahan, kita harus selalu mengingat tujuan tersebut agar bisa menjalani pernikahan sesuai dengan ajaran agama secara penuh dan sesuai.

By: Seorang SEO dan Copywriter yang Ahli dalam Bahasa Indonesia.

Also Read

Bagikan: