Ulang Tahun Pernikahan dalam Islam: Panduan Terlengkap

Dina Yonada

Ulang Tahun Pernikahan dalam Islam: Panduan Terlengkap
Ulang Tahun Pernikahan dalam Islam: Panduan Terlengkap

Apa Itu Ulang Tahun Pernikahan?

Ulang tahun pernikahan adalah momen spesial di mana pasangan merayakan hari pernikahan mereka yang ke sekian. Meskipun tidak diwajibkan dalam Islam, ulang tahun pernikahan dapat menjadi momen penting bagi pasangan muslim untuk mempererat hubungan dan mengungkapkan rasa syukur atas keberlangsungan pernikahan mereka.

Sejarah Ulang Tahun Pernikahan

Tidak ada catatan sejarah pasti tentang asal-muasal perayaan ulang tahun pernikahan. Namun, dalam beberapa tradisi Jawa, perayaan ini dikenal dengan sebutan "mitoni", yang berasal dari kata "mita" yang artinya akar, dasar, atau pondasi dan "oni" yang artinya satu tahun. Dalam hal ini, mitoni artinya memperkuat pondasi kehidupan bersama setelah satu tahun menikah.

Ulang Tahun Pernikahan dalam Pandangan Islam

Dalam pandangan Islam, tidak ada aturan khusus mengenai perayaan ulang tahun pernikahan. Namun, Islam mengajarkan pasangan untuk saling mencintai, merawat, dan memberi perhatian satu sama lain. Maka dari itu, ulang tahun pernikahan dapat menjadi momen penting untuk pasangan muslim mengekspresikan perasaan tersebut.

Sebagai muslim, penting untuk tidak memperkenalkan budaya lain yang bertentangan dengan nilai-nilai Islam pada perayaan ulang tahun pernikahan. Sebagai contoh, meminum minuman keras dan mengadakan pesta mewah yang menghabiskan harta benda dapat dianggap tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Cara Memperingati Ulang Tahun Pernikahan dalam Islam

  1. Doa Bersama
    Salah satu cara termudah dan paling islami untuk merayakan ulang tahun pernikahan adalah dengan berdoa bersama sebagai keluarga. Doa dapat dilakukan di masjid atau di rumah bersama teman, keluarga, dan sahabat.

  2. Sedekah dan Zakat
    Mempersembahkan pemberian kepada mereka yang membutuhkan seperti fakir miskin dan anak yatim piatu dapat menjadi cara yang baik untuk merayakan ulang tahun pernikahan. Kita dapat memberikan zakat atau sedekah pada lembaga-lembaga yang dapat menyalurkan bantuan tersebut.

  3. Hadiah Khusus
    Pasangan muslim dapat bertukar hadiah khusus pada hari ulang tahun pernikahan, seperti hadiah yang membuat pasangan merasa bahagia dan lebih dekat satu sama lain. Sebaiknya, pilihlah hadiah yang tidak melenceng dari nilai Islam.

BACA JUGA:   Buku Nikah Berwarna Hijau: Kenapa Hanya untuk Pihak Istri?

Kesimpulan

Ulang tahun pernikahan dalam Islam bukanlah perayaan yang diwajibkan, tetapi dapat dijadikan momen penting untuk pasangan muslim mengekspresikan rasa cinta, perhatian, dan syukur pada Allah SWT. Kita harus menghindari budaya non-Islam yang bertentangan dengan nilai-nilai Agama Islam dan tetap memperkuat pondasi kehidupan bersama setelah menikah.

Also Read

Bagikan: