Walimatul Ursy vs Resepsi: Apa Perbedaannya?

Dina Yonada

Walimatul Ursy vs Resepsi: Apa Perbedaannya?
Walimatul Ursy vs Resepsi: Apa Perbedaannya?

Apa Bedanya Walimatul Ursy dengan Resepsi?

Pengertian Walimatul Ursy dan Resepsi

Ketika membicarakan pernikahan, dua kata yang seringkali digunakan adalah walimatul ursy dan resepsi. Meski terkesan sama saja, namun keduanya memiliki perbedaan yang mendasar dalam penggunaanya. Istilah walimatul ursy berasal dari bahasa arab yang secara harfiah berarti “pesta yang diberikan untuk menyatukan pasangan yang baru menikah”. Walimatul ursy biasanya dilaksanakan setelah akad nikah dilakukan. Sedangkan resepsi dalam pernikahan lebih berkaitan dengan acara penerimaan tamu setelah akad nikah atau acara pernikahan, dimana para tamu undangan diberikan jamuan makanan ringan atau hidangan utama dengan suasana meriah.

Perbedaan Pokok Antara Walimatul Ursy dan Resepsi

Yang menjadi perbedaan pokok antara walimatul ursy dan resepsi hanyalah dalam penggunaan kata yang digunakan dari keduanya, dimana walimatul ursy lebih sering digunakan oleh masyarakat muslim, sedangkan resepsi lebih banyak digunakan secara umum tanpa berhubungan dengan suatu agama tertentu.

Walimatul Ursy dan Tradisi Islam

Walimatul Ursy merupakan bagian dari tradisi Islam dan berbasis pada ajaran Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda, “Wanita yang dinikahi karena harta, karena keturunan, karena kecantikannya, maka dia akan menjadi kehilangan semuanya. Tetapi wanita yang dinikahi karena agama, maka dia akan mendapatkan seperempat dari agama yang sempurna.” Sebagai bagian dari tradisi Islam, walimatul ursy biasanya diadakan sebagai perayaan syukuran atas kebahagiaan pasangan baru yang telah resmi menikah. Walima dalam bahasa Arab berarti “memberikan makanan”, sehingga acara ini biasanya dilakukan dengan cara mengundang saudara dan teman untuk makan bersama dan merayakan kebahagiaan pasangan baru.

BACA JUGA:   Punya Anak di Luar Nikah dalam Islam: Implikasi Hukum dan Pengaruhnya pada Anak dan Masyarakat

Resepsi dan Tradisi Umum

Resepsi, di sisi lain, lebih berkaitan dengan pernikahan secara umum. Acara ini biasanya melibatkan banyak tamu undangan, tanpa batasan agama atau budaya. Repepsi biasanya diadakan setelah akad nikah atau upacara pernikahan dilakukan. Saat ini, resepsi seringkali merupakan acara yang lebih besar dan lebih meriah, dengan banyak hadiah dan hiburan. Acara resepsi pun menjadi momentum bagi pasangan baru untuk menunjukkan kebahagiaan mereka dan menerima ucapan selamat datang dari para tamu undangan.

Kesimpulan

Secara singkat, perbedaan utama antara walimatul ursy dan resepsi adalah dalam penggunaan kata dari keduanya. Walimatul ursy biasanya digunakan untuk menggambarkan acara pernikahan dalam agama Islam, sedangkan resepsi lebih banyak digunakan secara umum untuk menggambarkan pernikahan dari berbagai agama. Namun, baik walimatul ursy atau resepsi merupakan acara penting dalam kehidupan yang harus dirayakan dengan penuh kebahagiaan bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

Also Read

Bagikan:

Tags