Apakah Mengaji Harus Menutup Aurat?

Dina Yonada

Apakah Mengaji Harus Menutup Aurat?
Apakah Mengaji Harus Menutup Aurat?

Pertanyaan ini seringkali dilontarkan oleh banyak orang yang ingin belajar mengaji. Sebagai umat muslim, kita tentu sudah akrab dengan konsep menutup aurat. Namun, bagaimana jika kita sedang mengaji? Apakah harus menutup aurat atau tidak?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu mengaji. Mengaji adalah salah satu amalan seorang muslim untuk membaca kitab suci Al-Quran. Biasanya, kegiatan mengaji ini dilakukan di masjid atau di tempat lain yang sudah disediakan.

Sedangkan, menutup aurat adalah sebuah kewajiban dalam Islam. Aurat adalah bagian tubuh yang harus ditutupi oleh seorang muslim, baik yang laki-laki maupun perempuan. Untuk laki-laki, auratnya adalah bagian dari pusar hingga lutut. Sedangkan, untuk perempuan, auratnya adalah seluruh tubuh kecuali wajah, tangan, dan kaki.

Ketika kita mengaji, kita seharusnya fokus pada apa yang kita baca dan memahami maksud dari isi Al-Quran. Namun, hal ini tidak boleh membuat kita lupa akan kewajiban menutup aurat.

Ketika kita mengaji dalam kelompok yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, maka laki-lakukan diharuskan untuk menutup auratnya dan begitu juga dengan perempuan. Meskipun kita sedang berada di dalam masjid, namun tetap perlu memperhatikan aurat kita.

Terkadang, banyak orang yang kurang memperhatikan auratnya saat mengaji. Padahal, hal ini sangat penting karena mengaji berkaitan dengan ibadah. Sebagai seorang muslim, kita harus senantiasa menjaga kesucian dan ketaatan dalam melaksanakan ibadah.

Oleh karena itu, meskipun sedang mengaji, kita harus tetap menutup aurat dengan baik dan benar. Kita tidak boleh meremehkan kewajiban menutup aurat hanya karena sedang berada di dalam masjid dan sedang mengaji.

Sebagai kesimpulan, kita harus tetap menjaga kewajiban menutup aurat saat sedang mengaji. Kita tidak boleh melupakan kewajiban kita sebagai seorang muslim meskipun sedang fokus pada mengaji. Kita harus tetap berusaha untuk menjaga kesucian dan kesopanan dalam melaksanakan ibadah.

BACA JUGA:   Aurat Berasal dari Kata: Mengenal Arti dan Makna di Baliknya

Jangan sampai kita terlena dengan fokus pada mengaji sehingga lupa untuk menutup aurat. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar mengaji dengan benar dan baik.

Also Read

Bagikan: