Arti Aurat – Menjelaskan Makna Aurat dan Kewajiban Mengikutinya

Dina Yonada

Arti Aurat – Menjelaskan Makna Aurat dan Kewajiban Mengikutinya
Arti Aurat – Menjelaskan Makna Aurat dan Kewajiban Mengikutinya

Aurat pada dasarnya merujuk pada bagian tubuh manusia yang harus ditutupi, baik oleh pria maupun wanita. Aurat ini memiliki makna yang penting dalam kehidupan beragama. Kewajiban untuk menjaga aurat ini juga termasuk dalam ajaran agama baik Islam, Kristen, Hindu, maupun agama-agama lainnya.

Pengertian Aurat dan Jenisnya

Aurat dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari bagian-bagian tubuh manusia yang harus ditutupi. Adapun jenis-jenis aurat ini dibedakan berdasarkan jenis kelaminnya.

  • Aurat Pria
    Bagian tubuh pria yang wajib ditutupi adalah bagian tubuh dari pusar hingga lutut, termasuk kedua belah paha dan pinggul.

  • Aurat Wanita
    Sementara itu, pada wanita, seluruh tubuh bagian kecuali wajah dan telapak tangan masuk dalam kategori aurat.

Dasar Agama dalam Menjaga Aurat

Menjaga aurat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang sudah baligh, yang artinya sudah mencapai usia pubertas. Dalil tentang kewajiban menjaga aurat dalam Islam dapat ditemukan dalam Al Qur’an dan hadist. Selain itu, kewajiban menjaga aurat juga terdapat dalam agama-agama lainnya.

Bagi muslim, menjaga aurat termasuk dalam enam rukun iman. Selain itu, menjaga aurat juga berkaitan dengan menjaga kehormatan dan martabat.

Manfaat dari Menjaga Aurat

Menjaga aurat dapat memberikan banyak manfaat bagi kita. Dalam aspek moral, menjaga aurat dapat menciptakan kesusilaan dan ketertiban dalam masyarakat. Sementara itu, di luar aspek moral, menjaga aurat dapat membantu menjaga kesehatan diri dan mencegah terjadinya tindakan negatif.

Tanda-Tanda Orang yang Tidak Menjaga Aurat

Bagi orang yang tidak menjaga aurat, biasanya terlihat dengan cara berpakaian yang tidak sesuai dengan aturan agama. Terkadang, mereka juga tidak segan-segan untuk memamerkan aurat mereka di hadapan orang lain. Selain itu, mereka juga akan merasa kehilangan rasa malu dan tidak lagi merasa segan dalam melakukan perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

BACA JUGA:   Apakah Rambut yang Sudah Dipotong Termasuk Aurat?

Kesimpulan

Menjaga aurat adalah kewajiban dalam beragama. Hal ini dinyatakan dalam Al-Qur’an dan hadist, serta terdapat dalam agama-agama lainnya. Manjaga aurat dapat membantu membentuk pribadi yang lebih baik, moral yang lebih tinggi, dan kesehatan yang lebih terjaga. Sebagai umat beragama, hendaknya kita selalu memperhatikan dan mematuhi aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh agama kita, termasuk menjaga dan menutupi aurat.

Headline

Makna dan Kewajiban Menjaga Aurat Bagi Umat Beragama

Also Read

Bagikan:

Tags