Aurat Artinya: Panduan Lengkap Tentang Aurat dalam Islam

Huda Nuri

Aurat Artinya: Panduan Lengkap Tentang Aurat dalam Islam
Aurat Artinya: Panduan Lengkap Tentang Aurat dalam Islam

Aurat adalah kata yang sering kita dengar dalam Islam. Namun, sebenarnya apa arti dari aurat? Bagaimana hukum aurat dalam Islam? Bagaimana cara menjaga aurat kita agar tidak terbuka di depan umum? Semua pertanyaan ini akan dijawab dalam artikel ini. Mari kita bahas secara detail.

Apa itu Aurat?

Aurat adalah bagian tubuh manusia yang harus ditutupi ketika seseorang di luar lingkungan keluarga terdekat. Aurat pada lelaki meliputi bagian dari pusar hingga lutut, sedangkan pada wanita aurat meliputi hampir seluruh tubuhnya kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Aurat adalah bagian tubuh yang sangat sensitif dan harus dijaga kebersihannya.

Hukum Aurat dalam Islam

Dalam Islam, menjaga aurat adalah kewajiban bagi setiap orang yang beriman. Hukum aurat dalam Islam adalah fardhu ‘ain, artinya wajib dilakukan oleh setiap individu muslim. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-A’raf ayat 26, “Wahai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu.”

Al-Qur’an juga menjelaskan bahwa orang yang tidak menjaga auratnya akan mendapat siksa di akhirat nanti. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengikuti aturan mengenai aurat dalam Islam.

Cara Menjaga Aurat dalam Islam

Ada beberapa cara untuk menjaga aurat dalam Islam. Pertama, pilihlah pakaian yang sesuai untuk menutupi aurat. Bagi wanita, pilihlah pakaian yang longgar dan tidak terlalu ketat yang menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Bagi lelaki, pilihlah pakaian yang menutupi aurat dari pusar hingga lutut.

Kedua, hindarilah tempat yang memungkinkan aurat terbuka. Sebagai seorang muslim, kita harus memilih tempat yang aman agar aurat kita terjaga. Jangan pernah memakai pakaian yang tidak sesuai ketika berkunjung ke tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, tempat ibadah, atau tempat kerja.

BACA JUGA:   Menutup Aurat adalah Kewajiban Agama yang Ditegaskan Dalam Quran

Ketiga, jangan pernah mengumbar aurat di media sosial. Saat ini televisi, internet dan media sosial sangat populer. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dengan apa yang kita posting di media sosial agar tidak mengekspos aurat kita. Hal ini sangat penting terutama bagi wanita, yang lebih rentan mengalami pelecehan di media sosial.

Keempat, hindari tindakan yang dapat membuka aurat, seperti berjemur, mandi di kolam renang umum, dan kontak fisik yang berlebihan dengan lawan jenis.

Kesimpulan

Menjaga aurat sangat penting bagi setiap individu muslim. Aurat pada wanita meliputi seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan, sedangkan pada lelaki meliputi bagian dari pusar hingga lutut. Hukum aurat dalam Islam adalah fardhu ‘ain, artinya wajib dilakukan oleh setiap individu muslim. Ada beberapa cara untuk menjaga aurat dalam Islam, seperti memilih pakaian yang sesuai, hindari tempat yang memungkinkan aurat terbuka, jangan pernah mengumbar aurat di media sosial, dan hindari tindakan yang dapat membuka aurat.

Mari kita semua berusaha untuk menjaga aurat kita dengan baik agar kita senantiasa mendapat rahmat dan ridha Allah SWT. Terima kasih telah membaca artikel ini tentang aurat artinya!

Also Read

Bagikan: