Hadits Tentang Aurat Wanita

Dina Yonada

Hadits Tentang Aurat Wanita
Hadits Tentang Aurat Wanita

Pengenalan

Aurat wanita adalah suatu hal yang penting untuk dijaga. Dalam hadits-hadits Nabi Muhammad SAW, dijelaskan secara detail tentang aurat wanita. Aurat wanita adalah sebagian tubuhnya yang harus ditutupi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kehormatan dan keamanan wanita itu sendiri. Berikut adalah hadits tentang aurat wanita yang wajib diketahui oleh setiap Muslim.

Definisi Aurat Wanita

Menurut hadits, aurat wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Dalam hadits Nabi Muhammad SAW disebutkan, “Wanita adalah aurat. Jika dia keluar rumah tanpa hijab, maka setan akan memperhatikannya dan menggodanya.” Hal ini menunjukkan bahwa aurat wanita harus dijaga dengan baik.

Hijab Sebagai Penutup Aurat

Hijab adalah penutup aurat yang digunakan oleh wanita Muslim. Hijab tidak hanya berfungsi sebagai penutup aurat, tetapi juga sebagai tanda identitas Muslimah. Dalam hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Hijab adalah benteng antara wanita dengan kejahatan.” Hijab membantu wanita untuk mencegah godaan dan membuat wanita merasa aman.

Perintah untuk Menjaga Aurat

Dalam hadits-hadits, Nabi Muhammad SAW memerintahkan untuk menjaga aurat. Aurat wanita harus ditutupi baik ketika berada di dalam maupun di luar rumah. Dalam hadits disebutkan, “Wanita yang berhijab, merokok, dan memerintahkan suaminya untuk melakukan maksiat, akan masuk neraka.” Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga aurat bagi wanita Muslim.

Hukum Membuka Aurat

Dalam Islam, membuka aurat atau menampakkan aurat adalah dilarang. Dalam hadits disebutkan, “Janganlah kamu menampakkan auratmu, kecuali pada orang yang diperbolehkan melihatnya.” Hal ini menunjukkan bahwa aurat wanita harus dijaga dengan baik dan tidak boleh ditampakkan kecuali kepada orang yang diperbolehkan.

BACA JUGA:   Pengertian Aurat Menurut Bahasa dan Istilah

Kesimpulan

Menjaga aurat wanita adalah suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap Muslim. Aurat wanita harus ditutupi baik ketika berada di dalam maupun di luar rumah. Hijab adalah penutup aurat yang digunakan oleh wanita Muslim untuk menjaga aurat dan merasa aman. Dalam hadits Nabi Muhammad SAW disebutkan betapa pentingnya menjaga aurat dan menjauhi godaan. Dengan menjaga aurat, wanita Muslim dapat terhindar dari dosa dan mempertahankan kehormatannya.

Also Read

Bagikan: