Ayat Al-Quran Tentang Menutup Aurat

Dina Yonada

Ayat Al-Quran Tentang Menutup Aurat
Ayat Al-Quran Tentang Menutup Aurat

Ketika membahas tentang menutup aurat, ayat Al-Quran tentang hal ini dapat menjadi pedoman bagi umat Muslim dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat beberapa ayat Al-Quran yang terkait dengan menutup aurat dan memberikan petunjuk tentang tata cara berpakaian bagi umat Muslim.

Ayat Al-Quran Tentang Menutup Aurat

Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran terkait dengan menutup aurat:

  1. “Hai anak cucu Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasanmu. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Mudah-mudahan mereka selalu ingat.” [Al-A’raaf: 26]

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah Swt telah menyediakan pakaian untuk menutupi aurat manusia dan juga pakaian indah untuk perhiasan. Namun, pakaian taqwa (yang menunjukkan kesalehan dan ketakwaan) adalah yang terbaik. Ini menunjukkan bahwa pemilihan pakaian juga harus memperhatikan sisi moralitas dan kesalehan.

  1. “Dan katakanlah kepada wanita yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan khumurnya ke dada, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayahnya, atau ayah mertua mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.’” [An-Nur: 31]
BACA JUGA:   Mengapa Islam Melarang Untuk Membuka Aurat? Jelaskan!

Ayat ini memerinci tentang cara berpakaian yang baik bagi wanita Muslim. Wanita harus menutupi auratnya dengan menutupkan khumur (kerudung) pada bagian dada. Selain itu, perhiasan hanya boleh ditunjukkan pada orang-orang yang diperbolehkan mengetahuinya. ini termasuk suami, ayah, dan keluarga dekat wanita itu. Dalam ayat ini juga dikatakan bahwa sepatu tidak dapat dipukul keras-keras untuk menampakkan perhiasan yang disembunyikan.

  1. “Katakanlah kepada laki-laki yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.’” [An-Nur: 30]

Ayat ini lebih fokus pada laki-laki Muslim. Laki-laki diperingatkan untuk menahan pandangan dan menjaga kemaluannya. Hal ini menunjukkan bahwa pada dasarnya menutup aurat mencakup laki-laki dan perempuan.

  1. “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Rahman itu adalah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang lembut. Dan orang-orang yang tidur di tempat tidur mereka yang bermewah-mewahan dan meminta kepada Tuhannya dengan penuh rasa takut dan harapan. Dan orang-orang yang berkata: ‘Ya Tuhan kami, jauhkanlah dari kami azab Jahannam, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal. Sesungguhnya yang kekal itu adalah karunia Tuhanmu yang diberikan kepada orang-orang yang bertakwa.’ (yaitu) orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, mereka itu mendapat tempat yang lebih tinggi di surga, tempat kedudukan yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Pemurah.” [Al-Furqan: 63-76]

Ayat ini menekankan pentingnya bersikap rendah hati dan takut kepada Allah. Ini juga menunjukkan bahwa kesalehan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan dapat membawa seseorang ke surga.

BACA JUGA:   Siksa Neraka Bagi Wanita yang Tidak Menutup Aurat

Kesan Penting Ayat Al-Quran Tentang Menutup Aurat

Ayat Al-Quran tentang menutup aurat memberikan tata cara berpakaian yang baik bagi umat Muslim. Keseimbangan antara menutupi aurat dan memperlihatkan perhiasan tertentu harus dipertimbangkan oleh kaum Muslimin dalam memilih pakaian. Selain itu, pemilihan pakaian harus memperhatikan moralitas dan kesalehan.

Dalam berpakaian, perempuan Muslim harus menutupkan khumur ke bagian dada untuk menutupi auratnya. Perhiasan hanya boleh ditunjukkan pada orang-orang yang diperbolehkan mengetahuinya. Untuk laki-laki Muslim, mereka diperingatkan untuk menahan pandangan dan menjaga kemaluannya.

Kesalehan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan dapat membawa seseorang ke surga. Oleh karena itu menjaga bentuk aurat adalah kewajiban untuk diikuti para umat muslim.

Kesimpulan

Ayat Al-Quran tentang menutup aurat merupakan panduan bagi umat Muslim dalam berpakaian. Menutup aurat bertujuan untuk menjaga moralitas dan kesalehan serta tunduk kepada kitab suci. Hal ini berdampak baik bagi setiap orang yang menjalaninya. Oleh karena itu, menjaga bentuk aurat menjadi tugas bagi setiap Muslim di seluruh dunia.

Also Read

Bagikan: