Ayat Menutup Aurat: Panduan Lengkap untuk Muslimah

Huda Nuri

Ayat Menutup Aurat: Panduan Lengkap untuk Muslimah
Ayat Menutup Aurat: Panduan Lengkap untuk Muslimah

Pengenalan

Salah satu aspek penting dalam Islam adalah menutup aurat. Bagi Muslimah, menutup aurat merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi. Hal ini disebutkan dalam Al-Quran Surat An-Nur ayat 31,

"Dan katakanlah kepada perempuan-perempuan yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara dan puteri-puteri mereka, atau wanita-wanita islam, atau hamba-hamba mereka yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasannya yang tersembunyi. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung."

Dalam ayat tersebut, jelas disebutkan tentang pakaian Muslimah yang harus menutupi seluruh tubuh mereka kecuali bagian wajah dan kedua tangan yang tidak membawa perhiasan.

Pilihan Busana Muslimah

Busana Muslimah yang paling populer adalah jilbab. Jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh rambut, bagian leher, dan kadang-kadang dipadukan dengan cadar untuk menutupi seluruh wajah kecuali bagian mata. Baju yang dikenakan biasanya menggunakan gamis atau baju panjang yang menutupi seluruh tubuh sampai dengan pergelangan kaki. Bagian tangan yang tidak membawa perhiasan juga harus ditutupi dengan menggunakan baju panjang berlengan panjang ataupun kaos kaki.

Selain jilbab, ada juga khimar, niqab, dan burqa yang digunakan oleh sebagian besar Muslimah. Khimar adalah pakaian yang menutupi seluruh rambut, leher, dan dada, tetapi wajah masih terlihat. Sementara itu, niqab adalah pakaian yang menutupi seluruh wajah kecuali bagian mata. Burqa adalah jenis pakaian yang menutupi seluruh tubuh dan wajah kecuali bagian mata. Namun, penggunaan burqa memang hanya diterapkan di beberapa negara tertentu.

BACA JUGA:   Gambar Batasan Aurat Laki-Laki: Apa Itu dan Bagaimana Menentukannya?

Tips Memilih Busana Muslimah

  1. Pilihlah bahan yang nyaman dan sesuai dengan iklim di tempat Anda tinggal. Hindari bahan yang licin atau tidak bisa menyerap keringat.

  2. Pastikan busana yang Anda kenakan lebih longgar dibandingkan busana sehari-hari. Hindari busana yang terlalu ketat.

  3. Jangan lupa untuk memadukan busana Anda dengan warna yang sesuai dan cocok dengan kepribadian Anda.

Kontroversi Terkait Pakaian Muslimah

Saat ini, pakaian Muslimah menjadi topik yang kontroversial di berbagai belahan dunia. Ada banyak serangan terhadap Muslimah yang memilih untuk menutup aurat mereka dengan konsekuensi mereka sering dianggap sebagai simbol fanatisme. Namun, bagi Muslimah, mengenakan pakaian yang sesuai dengan ajaran Islam adalah bagian dari pengabdian dan cinta mereka kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Menutup aurat adalah kewajiban bagi Muslimah. Dalam menjalankan kewajiban ini, pilihan busana yang dipilih sebaiknya yang nyaman dan lebih lentur dibandingkan dengan busana sehari-hari. Selain itu, kita harus selalu menghargai orang lain dan memahami bahwa penggunaan pakaian Muslimah bersifat personal dan berbeda-beda bagi setiap individu. Mari kita semua saling menghargai dan bahu-membahu memperjuangkan perdamaian dan keadilan di dunia.

Also Read

Bagikan: