Jelaskan Pengertian Aurat

Dina Yonada

Jelaskan Pengertian Aurat
Jelaskan Pengertian Aurat

Aurat merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh umat Muslim. Aurat sendiri adalah bagian tubuh yang harus ditutupi karena bersifat pribadi dan tidak boleh dilihat oleh orang lain, kecuali jika diperuntukkan bagi pasangannya. Aurat bagi laki-laki dan perempuan pun berbeda.

Aurat Laki-laki

Bagi laki-laki, aurat termasuk seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan. Namun, saat melakukan shalat, aurat laki-laki harus ditutup dengan baju koko yang panjang hingga sebetis dan celana yang menutupi bagian lutut.

Aurat Perempuan

Bagi perempuan, aurat adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan, serta terkecuali bagian kepala, leher, tangan, dan kaki. Aurat perempuan harus ditutup dengan pakaian yang sopan dan menutupi seluruh tubuh kecuali bagian wajah dan telapak tangan.

Pengertian Aurat dalam Al-Quran

Pengertian aurat sendiri banyak terdapat dalam Al-Quran, salah satunya dalam Surat An-Nur ayat 31 yang mengatakan,

“Katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: Hendaklah mereka menjaga pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami atau ayahnya…”

Dalam ayat tersebut, aurat perempuan meliputi bagian tubuh yang harus ditutupi dan tidak boleh dilihat oleh orang lain kecuali suami atau ayah.

Aurat dalam Hadits

Selain dalam Al-Quran, pengertian aurat juga terdapat dalam hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Salah satunya hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang berbunyi :

“Setiap sesuatu pada manusia itu auratnya adalah seluruh tubuhnya. Karena itu, siapa saja yang mandi hendaklah menutupi seluruh tubuhnya. ”

BACA JUGA:   Hukuman Wanita yang Tidak Menutup Aurat

Dari hadits tersebut, terlihat bahwa aurat bagi laki-laki dan perempuan adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangan.

Pentingnya Menjaga Aurat

Menjaga aurat merupakan tuntutan agama Islam yang harus dijalankan oleh seluruh umat Muslim. Hal ini karena aurat adalah bagian tubuh yang bersifat pribadi dan tidak boleh ditampakkan kepada orang lain, kecuali kepada pasangan suami atau istri.

Selain itu, menjaga aurat juga merupakan jalan untuk memperoleh ketenangan dan kedamaian hati, serta menjaga diri dari godaan syaitan. Dalam Islam, menjaga aurat juga menjadi syarat sahnya ibadah shalat, dimana aurat harus ditutup dengan baju dan celana yang layak.

Kesimpulan

Dalam Islam, aurat sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap umat Muslim. Aurat bagi laki-laki meliputi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, sementara bagi perempuan meliputi seluruh tubuh kecuali wajah, telapak tangan, kepala, leher, tangan dan kaki. Menjaga aurat adalah tuntutan agama yang harus dijalankan oleh semua umat Muslim, untuk memperoleh ketenangan dan kedamaian hati, serta menjaga diri dari godaan syaitan.

Also Read

Bagikan: