Ayat Tentang Menutup Aurat: Panduan Lengkap untuk Muslimah

Dina Yonada

Ayat Tentang Menutup Aurat: Panduan Lengkap untuk Muslimah
Ayat Tentang Menutup Aurat: Panduan Lengkap untuk Muslimah

Jika Anda seorang muslimah yang ingin memahami lebih dalam tentang ayat tentang menutup aurat dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, artikel ini adalah untuk Anda. Di sini, kami akan membahas detail tentang ayat tentang menutup aurat dan bagaimana menjalankannya dengan baik.

Apa itu Aurat?

Aurat adalah bagian tubuh yang harus ditutupi oleh muslim dan muslimah. Aurat bagi perempuan meliputi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Sementara bagi laki-laki, auratnya meliputi nampak dari pusar hingga lutut. Dalam Quran dan Hadis, memperlihatkan aurat merupakan aib dan salah satu dari dosa besar.

Ayat Tentang Menutup Aurat

Ada beberapa ayat dalam Quran yang membahas tentang menutup aurat. Berikut adalah beberapa ayat tentang menutup aurat yang perlu diketahui oleh muslimah:

  • Surat An-Nur: Ayat 31

    وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ

    Artinya: "Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya…"

  • Surat Al-Ahzab: Ayat 59

    يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

    Artinya: "Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Hal itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

BACA JUGA:   Menutup Aurat adalah Kewajiban Agama yang Ditegaskan Dalam Quran

Tips Menutup Aurat

Berikut beberapa tips untuk muslimah yang ingin menutup aurat dengan baik:

  1. Kenali auratmu dan sikapi dengan serius
  2. Pilih pakaian yang tidak terlalu ketat dan longgar
  3. Hindari pakaian yang tipis atau transparan
  4. Pilih kerudung yang menutup dada dan menjuntai hingga mencapai pinggang
  5. Pilih pakaian yang nyaman dan mudah digunakan
  6. Kombinasikan pakaian biasa dengan jubah atau kimono agar lebih syar’i
  7. Pastikan pakaianmu rapi dan bersih

Kesimpulan

Menutup aurat adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah. Dalam Quran dan Hadis, menutup aurat dijelaskan sebagai sesuatu yang sangat penting dan harus diterapkan dengan sungguh-sungguh. Dengan memahami ayat tentang menutup aurat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, muslimah bisa menunjukkan penghormatan dan kesetiaannya terhadap agama.

Also Read

Bagikan: