Batasan Aurat Laki-Laki dan Perempuan: Apa Perbedaannya?

Huda Nuri

Batasan Aurat Laki-Laki dan Perempuan: Apa Perbedaannya?
Batasan Aurat Laki-Laki dan Perempuan: Apa Perbedaannya?

Aurat, dalam Islam, adalah bagian tubuh yang harus ditutupi dan hanya boleh dilihat oleh suami atau keluarga dekat. Bagi umat muslim, memahami batasan aurat adalah penting karena menyangkut ketaatan kepada Allah SWT. Namun, apakah perbedaan batasan aurat laki-laki dan perempuan? Simak jawabannya di artikel ini!

Batasan Aurat Laki-Laki

Batasan aurat laki-laki adalah dari pusar hingga lutut. Artinya, laki-laki diharuskan menutupi bagian tubuh dari pusar hingga lutut ketika berada di depan orang yang bukan mahramnya. Namun, bagi laki-laki yang berada di tempat umum atau bekerja, sebaiknya menutupi seluruh tubuhnya dengan pakaian yang sopan dan tidak transparan.

Perlu diketahui bahwa batasan aurat laki-laki terkadang diabaikan dan dianggap remeh oleh sebagian pria. Padahal, memperlihatkan aurat dalam masyarakat yang sudah beradab adalah sebuah tindakan yang tidak pantas dilakukan. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, kita harus memperhatikan batasan aurat dengan baik.

Batasan Aurat Perempuan

Batasan aurat perempuan lebih ketat dibandingkan laki-laki. Aurat perempuan adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan tangan. Artinya, perempuan harus menutup seluruh tubuhnya yang termasuk rambut, leher, telinga, lengan, kaki, hingga kedua ujung telapak kakinya. Namun, bagian tubuh yang bisa dilihat oleh suaminya dan keluarga dekat harus tetap dijaga kebersihan dan kecantikannya.

Di era modern seperti sekarang, banyak perempuan muslim yang ingin memadukan antara berbusana syar’i dan tetap tampil modis. Ada banyak pilihan busana syar’i yang tetap dapat membuat penampilan perempuan muslim menjadi cantik dan anggun.

Penutup

Setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, harus memahami batasan aurat yang telah diatur oleh agama. Dalam memilih busana, sebaiknya pilihlah pakaian yang sopan dan tidak transparan untuk memenuhi batasan aurat. Bagi para perempuan muslim, tidak perlu khawatir karena masih banyak pilihan busana syar’i yang tetap dapat membuat penampilan menjadi modis. Mari kita jaga aurat kita dengan baik sebagai bukti ketaatan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:   Aurat Secara Bahasa: Pandangan Islam Tentang Pemahaman dan Implementasi

Also Read

Bagikan: