Ceramah Tentang Menutup Aurat

Dina Yonada

Ceramah Tentang Menutup Aurat
Ceramah Tentang Menutup Aurat

Pengertian Menutup Aurat

Menutup aurat merupakan salah satu kewajiban bagi seorang muslimah. Aurat berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah bagian-bagian tubuh yang harus ditutupi. Untuk wanita, aurat adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Sedangkan untuk pria, aurat adalah dari pusar hingga ke lutut.

Tujuan menutup aurat adalah untuk menjaga kehormatan diri dan melindungi diri dari godaan syahwat. Selain itu, menutup aurat juga membantu untuk menumbuhkan rasa malu yang sehat dan meningkatkan nilai diri sebagai seorang muslimah.

Dalil-dalil Menutup Aurat

Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mu’min: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenali dan oleh karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Al-Ahzab: 59).

Selain itu, hadis juga memperkuat pentingnya menutup aurat. Rasulullah SAW bersabda, “Setiap mata berzina, maka zinanya adalah memandang. Setiap lidah berzina, maka zinanya adalah berkata-kata. Setiap tangan berzina, maka zinanya adalah meraba. Setiap kaki berzina, maka zinanya adalah melangkah mendekat. Setiap hati berzina, maka zinanya adalah menginginkan dan memikirkan. Aurat wanita adalah seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan telapak tangannya. Auratnya pria adalah dari pusar hingga lutut” (HR. Al-Bukhari 5231).

Konsekuensi Tidak Menutup Aurat

Tidak menutup aurat dapat berdampak pada diri sendiri dan lingkungan sekitar. Sebagai seorang muslimah, ketika tidak menutup aurat maka akan merasa tidak tenang dan tidak nyaman karena merasa melanggar aturan agama. Selain itu, tidak menutup aurat juga dapat merusak penampilan dan membuat diri terkesan tidak sopan. Hal ini dapat membawa dampak negatif terhadap citra diri di mata orang lain.

BACA JUGA:   Menutup Aurat adalah Kewajiban Agama yang Ditegaskan Dalam Quran

Di sisi lain, tidak menutup aurat juga dapat mengundang godaan dan nafsu bagi lawan jenis. Hal ini dapat mengarah pada tindakan yang tidak pantas dan merugikan bagi kedua belah pihak.

Tips Menutup Aurat dengan Baik

  1. Pilih pakaian yang sesuai dengan syariat Islam
  2. Pilih bahan yang tidak terlalu tipis atau transparan
  3. Pastikan pakaian tidak ketat dan tidak terlalu longgar
  4. Gunakan hijab atau jilbab yang menutupi aurat hingga ke dada
  5. Gunakan busana yang sesuai dengan tempat dan situasi

Kesimpulan

Menutup aurat merupakan kewajiban bagi setiap muslimah. Hal ini bertujuan untuk menjaga kehormatan diri dan melindungi diri dari godaan syahwat. Tidak menutup aurat dapat memberikan dampak yang buruk pada diri sendiri dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kita harus menutup aurat dengan baik dan benar sesuai dengan syariat Islam. Dengan menutup aurat, kita dapat menumbuhkan nilai diri yang baik dan terhindar dari hal-hal yang tidak bermanfaat.

Also Read

Bagikan: