Dalil tentang Jilbab Menutup Aurat

Huda Nuri

Dalil tentang Jilbab Menutup Aurat
Dalil tentang Jilbab Menutup Aurat

Penggunaan jilbab sebagai penutup aurat bagi kaum muslimah telah menjadi kewajiban dan menjadi bagian dari ajaran Islam. Kewajiban ini didasarkan pada beberapa dalil yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadits yang menunjukkan pentingnya menjaga kehormatan dan menjaga kehormatan diri dalam agama Islam.

Dalil dari Al-Quran

Allah SWT dalam surah Al-Ahzab ayat 59, firman-Nya:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ، قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya: "Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang-orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Dari ayat tersebut, jelas bahwa Allah SWT memerintahkan kaum muslimah agar mengenakan jilbab sebagai tanda bahwa mereka adalah seorang muslimah yang patuh pada agamanya. Selain itu, ayat ini juga menekankan pentingnya menjaga aurat dan kehormatan diri dari perlakuan yang tidak pantas dari orang yang tidak berhak.

Dalil dari Hadits

Beberapa hadits juga menjelaskan pentingnya penggunaan jilbab sebagai penutup aurat oleh kaum muslimah.

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

"Wanita itu awrah, apabila keluar rumah maka setan menyertainya, dan dia (wanita) adalah aurat. Maka apabila ada di antara kalian keluar (rumah), hendaknya dia menutup dirinya dengan jilbab."

Artinya: "Wanita itu aurat, dan apabila ia keluar rumah maka setan akan menemaninya. Oleh karena itu, apabila ada di antara kalian yang ingin keluar rumah, hendaknya ia menutup dirinya dengan jilbab."

BACA JUGA:   Hadits Menutup Aurat Wanita

Dari hadits tersebut, jelas bahwa kaum muslimah diwajibkan untuk menutupi auratnya dengan jilbab ketika keluar rumah, agar dapat terhindar dari gangguan dari setan dan orang yang tidak bertanggungjawab.

Pentingnya Menjaga Aurat

Menjaga aurat adalah salah satu tuntutan dalam agama Islam, karena itu merupakan bagian dari menjaga martabat dan kehormatan diri. Aurat bagi muslimah adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Sebagai seorang muslimah, menjaga aurat adalah wajib dilakukan dalam situasi apapun, baik di depan suami maupun di depan umum.

Dalam situasi tertentu, seperti dalam masyarakat yang tidak memperhatikan adab berpakaian atau dalam lingkungan pergaulan yang tidak benar, penggunaan jilbab menjadi sangat penting sebagai tanda bahwa dirinya seorang muslimah yang patuh pada ajaran agamanya.

Kesimpulan

Dalam Islam, jilbab sebagai penutup aurat bagi kaum muslimah merupakan sebuah kewajiban yang didasarkan pada beberapa dalil yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadits. Selain itu, penggunaan jilbab juga penting dalam menjaga aurat dan kehormatan diri. Sehingga, sebagai seorang muslimah, penggunaan jilbab menjadi hal yang wajib dilakukan dalam situasi apapun sebagai bentuk penghormatan dan patuh pada ajaran agama.

Also Read

Bagikan: