Dalil Tentang Menutup Aurat

Dina Yonada

Dalil Tentang Menutup Aurat
Dalil Tentang Menutup Aurat

Menutup aurat adalah salah satu hal yang sangat ditekankan dalam agama Islam. Tidak hanya bagi perempuan, tetapi juga bagi laki-laki. Namun, seringkali kita melihat bahwa masih banyak orang yang tidak memperhatikan hal ini. Padahal, ada banyak dalil tentang menutup aurat yang sudah dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadis Nabi.

Dalil-dalil tentang Menutup Aurat

  1. Al-Quran Surat An-Nur ayat 31

"Dan katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka atau ayah mereka atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera saudara mereka, atau putera saudara suami mereka, atau wanita-wanita islam, atau hamba-hamba yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang beriman supaya kamu beruntung."

Ayat ini menjelaskan tentang apa yang harus dilakukan oleh seorang wanita beriman dalam menutup auratnya. Wanita harus menahan pandangannya, memperhatikan kesopanan dalam pakaian, dan menutup seluruh tubuh mereka kecuali wajah dan tangan. Selain itu, ayat ini juga menginstruksikan untuk menutup kepala dan dada dengan kain kudung.

  1. Hadis Nabi

Terdapat banyak hadis Nabi yang mengarahkan untuk menutup aurat. Contohnya seperti hadis ini:

"Aku (Abu Darda) mendengar Rasulullah bersabda: "Auratta auratnya api, maka siapa yang mau mendekatkan dirinya kepadanya (api), baik sedikit maupun banyak (pasti akan terbakar)." (HR. Abu Daud)

Hadis ini menunjukkan bahwa menutup aurat adalah sesuatu yang sangat penting. Sebab, tanpa menutup aurat, seseorang bisa terjerumus ke dalam dosa besar.

BACA JUGA:   Mengapa Kita Harus Menutup Aurat

Pentingnya Menutup Aurat

Menutup aurat adalah sebuah bentuk menjaga kesopanan dan budaya dalam berpakaian. Selain itu, menutup aurat juga menghindarkan kita dari godaan syahwat dan perbuatan zina. Kita tahu bahwa zina adalah salah satu perbuatan yang sangat dilarang dalam agama Islam. Karenanya, menutup aurat bisa membantu kita untuk menghindari tindakan tersebut.

Menutup aurat juga merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada diri kita sendiri dan kepada orang lain. Dengan menutup aurat, kita menunjukkan bahwa kita memiliki harga diri dan menghargai orang lain. Tidak hanya itu, menutup aurat juga bisa membuat kita merasa lebih tenang dan aman, sebab kita tahu bahwa kita tidak membuat orang merasa terganggu dengan cara berpakaian yang kurang baik.

Kesimpulan

Menutup aurat adalah sebuah hal yang sangat penting dalam agama Islam. Kita harus mengikuti petunjuk yang sudah dijelaskan dalam Al-Quran dan Hadis Nabi. Selain itu, kita juga harus mengerti mengapa menutup aurat itu penting. Karenanya, mari kita selalu berusaha untuk menutup aurat dengan baik dan benar, sehingga kita bisa meraih berkah dari Allah swt.

Also Read

Bagikan: