Dosa Membuka Aurat

Huda Nuri

Dosa Membuka Aurat
Dosa Membuka Aurat

Pada zaman sekarang ini, banyak sekali masyarakat yang terjerumus dalam dosa membuka aurat. Membuka aurat merupakan suatu tindakan yang sangat dilarang dalam ajaran agama. Tindakan ini bahkan dapat menjadi penyebab rusaknya kehidupan sosial masyarakat yang ada. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa itu dosa membuka aurat dan cara menghindarinya.

Apa itu Membuka Aurat?

Membuka aurat merupakan tindakan yang dilakukan dengan menampakkan bagian tubuh yang seharusnya ditutupi. Dalam ajaran agama Islam, aurat bagi wanita adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, sedangkan untuk pria adalah ‘aurat dari pusar hingga lutut’. Namun, dalam praktiknya, banyak sekali orang yang sering membuka aurat lebih dari batas yang diizinkan.

Mengapa Membuka Aurat Dosa?

Membuka aurat merupakan suatu tindakan dosa karena dapat mengundang godaan dari lawan jenis atau orang yang memiliki niat buruk. Selain itu, tindakan ini juga dapat menimbulkan hasrat yang tidak sehat dari orang yang melihat aurat tersebut. Dalam Islam, membuka aurat termasuk ke dalam tindakan maksiat yang diharamkan. Oleh karena itu, kita sebagai umat Muslim diharapkan untuk mematuhi aturan-aturan di dalam Islam, termasuk tentang aurat.

Bagaimana Cara Menghindari Dosa Membuka Aurat?

Untuk menghindari dosa membuka aurat, kita harus memulainya dari diri sendiri. Pertama, kita harus selalu menjaga busana yang kita kenakan agar tidak membuka aurat lebih dari batas yang diizinkan. Selain itu, kita juga harus memperhatikan lingkungan sekitar kita. Hindari tempat-tempat yang bersifat tidak layak dan mencegah kita dari godaan yang dapat memicu para pelaku dosa membuka aurat.

BACA JUGA:   Menghargai Aurat Wanita

Selain itu, kita juga bisa mengambil langkah-langkah lain seperti menonton film dan televisi yang baik untuk selalu memperkuat keimanannya, memantau teman-temannya agar tidak melakukan tindakan yang buruk dan berdampak negatif, dan menjaga langkah-langkah yang dapat menghindari godaan buruk dari luar.

Kesimpulan

Membuka aurat merupakan suatu tindakan yang sangat dilarang dalam ajaran Islam. Oleh karena itu, kita sebagai umat Muslim harus selalu menjaga diri dari tindakan buruk ini. Dengan menjaga lingkungan sekitar dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan, kita akan dapat menghindari dosa membuka aurat. Ingatlah selalu bahwa aurat merupakan amanah dari Allah yang harus kita jaga dan jangan sampai kita terjerumus ke dalam dosa membuka aurat yang dapat menimbulkan bahaya bagi kehidupan kita.

Also Read

Bagikan: