Hadits Menutup Aurat Wanita

Dina Yonada

Hadits Menutup Aurat Wanita
Hadits Menutup Aurat Wanita

Cukup sering kita mendengar tentang "aurat" dan perlunya menutupi aurat bagi para wanita. Namun, apa itu aurat sebenarnya? Bagaimana seharusnya wanita menutupi auratnya? Apa hadits yang berkaitan dengan aurat wanita?

Apa Itu Aurat?

Aurat adalah bagian tubuh yang seharusnya tertutup dan tidak boleh ditampilkan di depan umum, terutama di depan orang-orang yang bukan mahramnya. Bagian tubuh yang termasuk aurat berbeda antara pria dan wanita.

Aurat Wanita

Aurat wanita meliputi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Selain itu, aurat wanita juga meliputi rambut dan leher, meskipun ada perbedaan pendapat mengenai hal ini. Beberapa ahli menganggap bahwa rambut dan leher termasuk aurat, sementara yang lain menganggap bahwa keduanya tidak termasuk aurat, namun tetap harus ditutupi.

Hadits Menutup Aurat Wanita

Terdapat beberapa hadits yang berkaitan dengan menutup aurat wanita. Hadits-hadits tersebut di antaranya adalah:

"Wanita yang baligh tidak sopan auratnya kecuali bagian ini dan bagian itu" (HR. Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad)

"Janganlah seorang wanita melihat aurat wanita lainnya atau seorang lelaki melihat aurat pria lainnya" (HR. Muslim)

"Sesungguhnya Allah itu Pencipta yang baik dan ia menyukai segala yang baik. Dan Allah memerintahkan orang-orang mukmin seperti yang Dia perintahkan pada para Rasul, “Hai Rasul, makanlah barang-barang yang baik dan perbuatlah amal saleh”. Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga berfirman, “Hai anak Adam! Pakailah pakaianmu yang indah pada setiap kesempatan masuk ke masjid”" (HR. Tirmidzi)

Melalui hadits-hadits tersebut, dapat kita ketahui bahwa menutup aurat wanita adalah hal yang sangat penting dalam agama Islam. Wanita harus menutupi seluruh auratnya kecuali wajah dan telapak tangan.

BACA JUGA:   Batasan Aurat bagi Seorang Wanita Menurut Islam

Bagaimana Seharusnya Menutup Aurat Wanita?

Menutup aurat wanita harus dilakukan dengan cara yang sopan dan tidak menarik perhatian. Wanita sebaiknya menggunakan pakaian longgar yang tidak terlalu ketat. Selain itu, bahan pakaian juga harus dipilih dengan baik, agar tidak terlalu tipis sehingga dapat menampakkan bentuk tubuh.

Pakaian yang digunakan sebaiknya menutupi aurat secara sempurna, baik ketika sedang duduk maupun berdiri. Selain itu, pakaian juga sebaiknya memiliki warna yang tidak mencolok dan tidak terlalu banyak aksesoris atau hiasan.

Untuk menutupi rambut, wanita dapat menggunakan jilbab atau khimar. Sedangkan untuk menutupi seluruh tubuh, wanita dapat menggunakan hijab dengan rok atau celana panjang.

Kesimpulan

Menutup aurat wanita adalah hal yang sangat penting dalam agama Islam. Seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan harus ditutupi dengan cara yang sopan dan tidak menarik perhatian. Hadits-hadits tentang menutup aurat wanita harus dijadikan sebagai pedoman untuk memilih pakaian yang dapat memenuhi kewajiban tersebut. Dengan menutup aurat, wanita akan merasa lebih percaya diri dan terhindar dari godaan yang dapat mengarah pada perbuatan yang tidak baik.

Also Read

Bagikan: