Hadits tentang Menutup Aurat bagi Wanita

Dina Yonada

Hadits tentang Menutup Aurat bagi Wanita
Hadits tentang Menutup Aurat bagi Wanita

Para wanita Muslim diwajibkan untuk menutup aurat mereka sebagai bentuk ketaatan pada ajaran agama dan keimanan pada Allah SWT. Dalam Islam, menutup aurat menjadi bagian penting dalam hal menjaga kehormatan dan martabat diri. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas hadits-hadits tentang menutup aurat bagi wanita.

Hadits Pertama

“Wanita itu aurat, apabila dia keluar (dari rumah) iblis akan menghiasi dirinya”. Hadits ini diambil dari Abu Daud, At Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Dalam hadits ini dijelaskan bahwa aurat wanita harus tertutup rapat dan ketika keluar rumah harus memakai pakaian yang sopan dan tidak menarik perhatian.

Hadits Kedua

“Sesungguhnya Allah itu Bersopan santun dan menyukai kesopanan.” Hadits ini diambil dari Bukhari dan Muslim. Santun dalam berpakaian adalah salah satu ciri kesopanan yang dituntut dalam agama Islam. Oleh karena itu, para wanita Muslim diharuskan untuk berpakaian dengan sopan dan tidak menarik perhatian.

Hadits Ketiga

“Cukuplah dosa bagi seseorang wanita yang memamerkan diri.” Hadits ini diambil dari Abu Daud dan At Tirmidzi. Wanita yang memamerkan dirinya di depan laki-laki yang bukan mahramnya, akan mendapatkan dosa yang besar di hadapan Allah SWT. Oleh karena itu, para wanita Muslim diharuskan untuk menutup aurat mereka secara benar sebagai bentuk keimanan pada Allah SWT.

Hadits Keempat

“Wanita yang berpakaian namun sejatinya telanjang, wanita seperti itu tidak akan mencium bau surga.” Hadits ini diambil dari Ahmad, At Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Wanita yang benar-benar berpakaian namun sejatinya telanjang dalam arti memiliki niatan buruk di hatinya, akan berada dalam situasi yang sangat buruk ketika berada di akhirat. Oleh karena itu, diharapkan para wanita Muslim dapat mengenakan pakaian yang sopan dan tidak memberikan kesan buruk pada dirinya.

BACA JUGA:   Tutuplah Auratmu: Pentingnya Berpakaian Tertutup bagi Wanita Muslim

Kesimpulan

Dalam Islam, menutup aurat bagi wanita menjadi hal yang sangat penting dan dianggap sebagai bentuk ketaatan pada ajaran agama dan keimanan pada Allah SWT. Seperti dijelaskan dalam hadits-hadits tersebut, para wanita Muslim diharuskan untuk menutup aurat mereka dengan benar, sopan, dan tidak menarik perhatian. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kehormatan diri dan martabat diri sebagai wanita Muslim yang taat pada agama.

Also Read

Bagikan: