Hukum Melihat Aurat Lewat HP Menurut Islam

Dina Yonada

Hukum Melihat Aurat Lewat HP Menurut Islam
Hukum Melihat Aurat Lewat HP Menurut Islam

Dalam agama Islam, pandangan buruk terhadap aurat adalah salah satu dari banyak tindakan tercela yang harus dihindari. Aurat, dalam istilah agama Islam, merujuk pada bagian tubuh yang harus ditutupi atau disembunyikan karena sifatnya yang intim. Tindakan melihat aurat melalui HP juga termasuk dalam pandangan buruk yang harus dihindari. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai hukum melihat aurat lewat HP menurut Islam.

Definisi Aurat dalam Islam

Aurat dalam Islam terdiri dari dua jenis, yaitu aurat wanita dan aurat pria. Aurat wanita meliputi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Sedangkan aurat pria meliputi bagian tubuh dari pusat hingga lutut.

Dalam surat An-Nur ayat 31, Allah SWT memerintahkan kepada umat Islam untuk menutupi aurat mereka. Dalam ayat tersebut, ditegaskan bahwa orang-orang yang memperlihatkan aurat mereka di depan orang lain dapat menjadi sasaran fitnah dan cemoohan.

Hukum Melihat Aurat Lewat HP Menurut Islam

Melihat aurat lewat HP termasuk ke dalam tindakan yang tercela dalam Islam. Dalam Islam, akses terhadap foto atau gambar aurat merupakan tindakan yang dilarang dan harus dihindari. Apalagi jika melihat atau mengecek aurat orang lain tanpa izin, hal ini menjadi tindakan yang sangat buruk.

Dalam hadis riwayat Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Aurat adalah sesuatu yang harus dijaga seluruhnya, jangan sampai ada yang dilihat dia dan ada yang tidak." Dengan demikian, kita harus menghormati dan menjaga aurat orang lain, bahkan jika itu hanya sebatas melihatnya lewat HP.

Dampak Melihat Aurat Lewat HP

Melihat aurat lewat HP tidak hanya melanggar hukum agama, tapi juga dapat berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain. Dari segi agama, hal ini dapat membuka pintu dosa dan godaan untuk melakukan tindakan yang lebih tercela. Selain itu, melihat aurat juga dapat merusak etika dan moral seseorang.

BACA JUGA:   Azab bagi Wanita yang Mengumbar Auratnya

Lebih lanjut, melihat aurat lewat HP dapat menyebabkan kecanduan dan membuat seseorang kehilangan kontrol diri. Kebiasaan ini dapat merusak hubungan dalam keluarga atau dengan pasangan, mengganggu konsentrasi dalam bekerja, serta memicu tindakan yang tidak etis.

Kesimpulan

Melakukan tindakan melihat aurat lewat HP adalah tindakan yang harus dihindari oleh umat Islam. Hal ini karena melihat aurat merupakan tindakan tercela dalam agama Islam dan dapat membuka pintu dosa serta godaan untuk melakukan tindakan yang lebih buruk. Selain itu, melihat aurat dapat merusak moral, etika, dan hubungan dalam keluarga atau dengan pasangan.

Sebagai seorang Muslim, kita harus menghormati aurat orang lain dan tidak mengganggu privasi mereka, bahkan dalam hal sekecil melihat aurat lewat HP. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman dan kesadaran untuk menjaga diri dan menghargai aurat orang lain.

Also Read

Bagikan: