Hukum Membaca Al-Quran di HP Tanpa Menutup Aurat

Dina Yonada

Hukum Membaca Al-Quran di HP Tanpa Menutup Aurat
Hukum Membaca Al-Quran di HP Tanpa Menutup Aurat

Banyak di antara kita yang senang membaca Al-Quran menggunakan smartphone atau tablet. Hal ini tentu saja memberikan kemudahan dalam mengakses Al-Quran, terutama dalam situasi dan kondisi yang mendesak. Namun, sebagian orang masih bingung apakah boleh membaca Al-Quran di smartphone atau tablet jika tidak menutup aurat. Berikut ini adalah penjelasannya.

Hukum Membaca Al-Quran di HP Tanpa Menutup Aurat

Menurut pandangan ulama, membaca Al-Quran di smartphone atau tablet tanpa menutup aurat tidak dilarang. Sebab, Al-Quran termasuk ilmu yang mulia dan tidak mesti dilakukan dengan menutup aurat. Oleh karena itu, jika Anda ingin membaca Al-Quran di smartphone atau tablet dalam kondisi tidak menutup aurat, maka hal itu tidak menjadi masalah. Namun, tetap disarankan untuk menutup aurat saat membaca Al-Quran agar terlihat lebih sopan.

Risiko Membaca Al-Quran di HP Tanpa Menutup Aurat

Meski tidak dilarang, membaca Al-Quran di smartphone atau tablet tanpa menutup aurat tetap memiliki risiko. Risiko tersebut adalah jika kelak ada orang yang melihat Anda membaca Al-Quran tanpa menutup aurat, maka hal tersebut dapat menimbulkan fitnah atau pertanyaan dari orang tersebut. Sebab, membaca Al-Quran merupakan suatu ibadah dan ibadah harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Solusi untuk Membaca Al-Quran di HP Tanpa Menutup Aurat

Agar tidak menimbulkan risiko dan untuk tetap sopan saat membaca Al-Quran di smartphone atau tablet, maka solusinya adalah dengan menutup aurat. Caranya bisa dengan menggunakan hijab atau kain yang cukup besar untuk menutupi bagian tubuh Anda yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

BACA JUGA:   Mengapa Allah Memerintahkan Kita untuk Menutup Aurat

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, membaca Al-Quran di smartphone atau tablet tanpa menutup aurat tidak dilarang dalam Islam. Meski begitu, tetap disarankan untuk menutup aurat saat membaca Al-Quran agar terlihat lebih sopan. Agar tidak menimbulkan risiko dan tetap sopan saat membaca Al-Quran di smartphone atau tablet, solusinya adalah dengan menutup aurat dengan hijab atau kain yang cukup besar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membaca Al-Quran di smartphone atau tablet.

Also Read

Bagikan: