Hukum Menutup Aurat Adalah Penting untuk Dilakukan

Dina Yonada

Hukum Menutup Aurat Adalah Penting untuk Dilakukan
Hukum Menutup Aurat Adalah Penting untuk Dilakukan

Hukum menutup aurat adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan dalam kehidupan beragama. Menutup aurat meliputi bagian-bagian tubuh yang seringkali dianggap sensitif di antara kaum muslimin dan muslimah. Hal ini bertujuan untuk memperlihatkan ketaatan mereka kepada Allah SWT dan mendapatkan pahala atas ketaatan ini.

Apa Saja yang Dimaksud dengan Aurat?

Aurat pada dasarnya adalah bagian-bagian tubuh yang harus ditutupi dan tidak boleh diperlihatkan kepada orang lain, kecuali kepada suami atau keluarga dekat. Aurat pada laki-laki adalah bagian dari tubuh di atas pusar hingga lutut sedangkan pada perempuan auratnya adalah seluruh tubuh, kecuali wajah, telapak tangan dan kaki dari mata kaki hingga mata kaki.

Alasan Mengapa Menutup Aurat Sangat Penting

Menutup aurat merupakan salah satu kewajiban setiap muslim untuk dilakukan. Ada beberapa alasan mengapa menutup aurat sangat penting, di antaranya adalah:

  1. Menjaga Kepercayaan Diri
    Saat kita menutup aurat, kita dapat merasa lebih aman dan percaya diri. Kita tidak perlu khawatir atau takut merasa tidak nyaman karena bagian tubuh kita terlihat oleh orang lain. Dengan menutup aurat, kita dapat menghargai diri sendiri dan merasa nyaman dengan penampilan kita.

  2. Menjaga Martabat dan Harga Diri
    Menutup aurat juga dapat menjaga martabat dan harga diri kita sebagai seorang muslim. Dengan menutup aurat, kita akan dihargai oleh orang-orang di sekitar kita dan dianggap sebagai pribadi yang santun.

  3. Menjaga Kesucian Tubuh
    Menggunakan pakaian yang menutup aurat dapat membantu kita menjaga kesucian tubuh. Dengan menutup aurat, kita menghindari godaan yang dapat mengganggu ketenangan batin kita.

  4. Menjaga Agama
    Menggunakan pakaian yang menutup aurat adalah salah satu bentuk pengamalan agama. Dengan menutup aurat, kita menunjukkan rasa hormat dan ketaatan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:   Secara Bahasa Aurat Artinya

Kesimpulan

Menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap muslim untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pahala atas ketaatan ini dan juga menjaga martabat, harga diri, serta kesucian tubuh kita sebagai seorang muslim. Dengan menutup aurat, kita juga menunjukkan rasa hormat dan ketaatan kepada Allah SWT.

Jadi, sebagai seorang muslim, mulailah menutup aurat dengan baik dan benar. Dengan demikian, kita akan merasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dan mempersembahkan yang terbaik untuk Allah SWT.

Also Read

Bagikan: