Kata Mutiara: Tutuplah Auratmu

Huda Nuri

Kata Mutiara: Tutuplah Auratmu
Kata Mutiara: Tutuplah Auratmu

Jangan biarkan auratmu terbuka lebar dan menambahlah pahala dengan menutup auratmu dengan baik. Pesan ini selalu diingatkan oleh banyak orang dan juga oleh agama. Tutuplah auratmu tidak hanya saat beribadah tapi jangan juga lupa untuk melakukannya dalam kegiatan sehari-hari, baik di tempat umum maupun di mana saja.

Pentingnya Menutup Aurat

Tutup aurat dipandang sebagai tindakan yang bersifat fardhu atau wajib bagi setiap muslim. Seperti yang tercantum dalam surat An-Nur ayat 31, "Dan katakanlah kepada kaum lelaki yang beriman: hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat."

Menutup aurat juga sangat penting karena melindungi diri dari godaan-godaan yang tidak diinginkan dan melindungi diri dari perilaku yang tidak pantas. Aurat bagi perempuan adalah semua bagian kecuali wajah dan telapak tangan, sedangkan bagi laki-laki adalah daerah sekitar pusat hingga lutut.

Menutup Aurat Dalam Kegiatan Sehari-hari

Tutup aurat tidak hanya harus dilakukan saat beribadah, tapi juga saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti bekerja, sekolah, atau jalan-jalan. Memilih pakaian yang sopan dan tidak terlalu ketat sangat penting agar tidak menampakkan bentuk tubuh yang seharusnya tidak ditampilkan.

Pilihlah busana yang nyaman dan sesuai dengan situasi dan kondisi. Bahan yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan, seperti busana yang ringan jika berada di daerah yang panas atau bahan yang lebih tebal saat cuaca dingin.

Selain itu, kombinasikan busana dengan hijab atau jilbab yang menutupi rambut dan leher. Pilihlah hijab atau jilbab yang tidak terlalu tipis sehingga dapat menutupi dengan baik. Hindari penggunaan hijab atau jilbab yang terlalu pendek sehingga belum menutupi dada dengan sempurna.

BACA JUGA:   Hadits Tentang Aurat Wanita

Cara Memilih Busana Yang Tepat

Memilih busana yang tepat tidak selalu mudah, terutama bagi para muslimah yang harus mempertimbangkan kehalalan suatu pakaian. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih busana yang tepat:

  1. Memilih Bahan Yang Sesuai
    Pilihlah bahan yang nyaman untuk digunakan dan sesuai dengan kondisi cuaca. Hindari penggunaan bahan yang terlalu tipis yang dapat menunjukkan lekuk tubuh dengan mudah.

  2. Memilih Desain Yang Tepat
    Pilihlah desain yang sopan sehingga tidak menimbulkan kesan vulgar. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat atau terbuka. Perhatikan bagian lengan yang harus ditutupi dengan baik.

  3. Memilih Warna Yang Tepat
    Pilihlah warna yang tidak mencolok atau terlalu mencolok. Pilihlah warna yang netral dan mudah dipadukan dengan bawah lainnya.

  4. Memilih Ukuran Yang Tepat
    Pilihlah ukuran yang pas sehingga tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Pilihlah ukuran yang tepat agar busana yang digunakan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kesimpulan

Menutup aurat sangatlah penting bagi setiap muslim agar mendapat nilai pahala dan menjaga diri dari godaan-godaan negatif. Tutup aurat tidak hanya dilakukan saat beribadah tapi juga saat melakukan kegiatan sehari-hari. Memilih busana yang tepat sangatlah penting agar aurat dapat tertutup dengan baik. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca untuk lebih memahami tentang cara menutup aurat dengan baik. "Kata Mutiara: Tutuplah Auratmu."

Also Read

Bagikan: