Hadits Menutup Aurat: Panduan Lengkap untuk Muslimah Modern

Dina Yonada

Hadits Menutup Aurat: Panduan Lengkap untuk Muslimah Modern
Hadits Menutup Aurat: Panduan Lengkap untuk Muslimah Modern

Salah satu praktik penting dalam Islam adalah menutup aurat. Dalam hadits terdapat banyak sekali petunjuk tentang bagaimana cara menutup aurat yang benar. Agar Anda, para muslimah modern, dapat menjalankan kewajiban menutup aurat dengan baik, saya akan membagikan panduan lengkap dalam artikel ini.

Apa itu Aurat?

Aurat adalah bagian tubuh yang harus ditutupi oleh pakaian atau kain. Bagian tubuh mana saja yang termasuk dalam aurat berbeda-beda antara laki-laki dan perempuan.

Untuk perempuan, aurat terdiri dari seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Sedangkan untuk laki-laki, aurat terdiri dari bagian tubuh dari pusar hingga lutut.

Hadits Menutup Aurat

Berikut adalah beberapa hadits yang menjelaskan tentang menutup aurat:

  1. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Wahai Asma, apabila perempuan telah baligh maka tidaklah boleh menampakkan selain ini (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menunjuk wajah dan kedua telapak tangannya).”
    (HR. Ahmad (5/141). Syaikh Shu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini sahih)
  2. Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar untuk melaksanakan shalat shubuh dan masjid masih gelap, pasangan-pasangan dari para wanita yang berdekatan, berjalan dengan tenang tanpa terburu-buru, lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apakah kalian yang dekat dengan suariku itu dari kaum muslimin?” Lalu mereka menjawab, “Ya wahai Rasulullah.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang dari kalian menemukan tutup kepala yang cocok (untuk menutup aurat), maka hendaklah ia mengenakannya ketika shalat.” (HR. Bukhari No. 368 dan Muslim No. 645)
  3. Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang perempuan yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, melainkan dia menutup dirinya dengan selendang yang longgar.” (HR. Bukhari No.328 dan Muslim No. 2170)
BACA JUGA:   Hukum Membuka Aurat

Dari ketiga hadits di atas dapat disimpulkan bahwa menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap muslimah. Tidak hanya itu, harus dilakukan dengan pakaian yang benar-benar menutupi tubuh dan tidak memberikan kesempatan bagi orang lain untuk melihat bagian tubuh yang termasuk aurat.

Tips Menutup Aurat yang Benar

Ada beberapa tips dalam menutup aurat yang benar, di antaranya:

  1. Pilih pakaian yang longgar dan tidak ketat
  2. Gunakan bahan pakaian yang tidak tembus pandang seperti katun atau linen
  3. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu banyak hiasan atau aksesoris
  4. Pilih warna pakaian yang tidak mencolok seperti warna netral
  5. Pastikan pakaian menutupi aurat dengan sempurna

Kesimpulan

Menutup aurat merupakan kewajiban bagi setiap muslimah. Di antara petunjuk lengkap yang dapat kita pelajari adalah dari hadits nabi tentang menutup aurat. Selain itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan dalam pemilihan pakaian.

Dengan mengikuti panduan ini, para muslimah modern dapat menjalankan ibadah dengan benar dan menjadi contoh dalam mempraktikkan agama. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui hal-hal lebih detail tentang menutup aurat.

Also Read

Bagikan: