Membaca Alquran di HP Tanpa Menutup Aurat

Dina Yonada

Membaca Alquran di HP Tanpa Menutup Aurat
Membaca Alquran di HP Tanpa Menutup Aurat

Banyak dari kita yang gemar membaca Alquran pada saat luang, kemudahan teknologi pada saat ini membuat membaca Alquran menjadi lebih mudah dan praktis. Telah hadir aplikasi Alquran pada ponsel pintar yang memudahkan kita membaca Alquran tanpa perlu membawa buku-buku Alquran yang cukup besar dan berat. Namun, masih banyak dari kita yang khawatir ketika membaca Alquran pada ponsel pintar karena takut tidak menutup aurat secara sempurna. Lalu, bagaimana cara membaca Alquran di HP tanpa menutup aurat? Simak ulasan berikut ini:

1. Gunakan Aplikasi yang Sudah Menyediakan Fitur Penutup Aurat

Beberapa aplikasi Alquran telah menambahkan fitur penutup aurat ketika kita membaca Alquran pada ponsel pintar. Dengan fitur ini, kita tidak perlu khawatir lagi dengan masalah penutup aurat. Contohnya adalah aplikasi Alquran Digital yang sudah bersertifikat halal dan mempunyai fitur penutup aurat. Selain itu, aplikasi Muslim Pro yang juga sudah populer di Indonesia juga menyediakan fitur tersebut.

2. Gunakan Sarung Tangan

Jika ingin membaca Alquran pada ponsel pintar tanpa fitur penutup aurat pada aplikasi Alquran yang digunakan, tentu masih bisa dilakukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan sarung tangan. Dengan menggunakan sarung tangan, kita bisa menggeser layar ponsel pintar tanpa harus langsung menyentuh layar. Hal ini bisa menghindari anggota tubuh yang tak sengaja terlihat ketika memegang ponsel pintar.

3. Gunakan Layar Split di Tablet

Bagi yang lebih suka membaca Alquran dengan layar yang lebih besar, bisa menggunakan tablet. Namun, ketika membaca Alquran pada tablet, sebaiknya gunakan fitur layar split untuk menghindari masalah penutup aurat. Dengan menggunakan fitur layar split, kita bisa membagi layar tablet menjadi dua dan membuka aplikasi khusus pembaca Alquran pada bagian satu layar, sementara pada layar lain kita bisa memantau aplikasi lain seperti buku elektronik. Dengan cara ini, ketika membaca Alquran pada aplikasi pembaca Alquran pada layar utama, pada layar kedua kita akan menutupi pakaian tubuh yang tak sengaja bisa terlihat ketika kita membaca Alquran pada tablet.

BACA JUGA:   Jelaskan Pengertian Aurat

4. Gunakan Penyekat pada Ponsel Pintar

Penyekat atau filter pada ponsel pintar bisa membantu menutupi bagian-bagian yang tidak ingin terlihat ketika membaca Alquran. Ada beberapa aplikasi penyekat pada ponsel pintar yang bisa diunduh dan digunakan untuk menutupi bagian wajah dan tubuh pada aplikasi pembaca Alquran. Saat membaca Alquran, kita hanya dapat memandang isi Alquran, sementara bagian tubuh tak sengaja lain bisa tersembunyi.

5. Memilih Tempat yang Tenang

Ketika membaca Alquran pada ponsel pintar, pastikan berada di tempat yang tenang dan tidak terlalu ramai lalu lintas manusia. Tempat yang sepi akan membuat kita lebih tenang ketika membaca Alquran dan menghindari tindakan yang tidak diinginkan seperti tidak menutup aurat yang seharusnya ditutupi. Pilih tempat yang aman dan nyaman seperti di kamar yang menutupi antena wifi atau di balik pintu kamar.

Kesimpulan

Membaca Alquran pada ponsel pintar menjadi lebih mudah dan praktis berkat kemajuan teknologi. Namun, masih banyak yang khawatir dengan masalah penutup aurat ketika membaca Alquran pada ponsel pintar. Agar tidak khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti menggunakan aplikasi yang menyediakan fitur penutup aurat, sarung tangan, tablet, penyekat pada ponsel pintar dan memilih tempat yang tenang. Selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan saat membaca Alquran menjadi prinsip penting bagi umat muslim. Semoga dapat membantu.

Also Read

Bagikan: