Mengapa Kita Diwajibkan Menutup Aurat

Huda Nuri

Mengapa Kita Diwajibkan Menutup Aurat
Mengapa Kita Diwajibkan Menutup Aurat

Salah satu hal yang sangat penting dalam agama Islam adalah menutup aurat. Aurat sendiri merujuk pada bagian tubuh yang harus ditutupi oleh seorang muslimah dan muslim. Menjaga aurat bukan hanya menunjukkan rasa ketundukan kepada Allah SWT, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kehormatan diri sendiri.

Apa itu Aurat

Aurat pada dasarnya mencakup keseluruhan tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Namun, pada dasarnya aurat bagi laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan. Aurat bagi perempuan meliputi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan serta kaki, sedangkan aurat pada laki-laki adalah dari pusar hingga lutut.

Dalil-dalil yang Menjelaskan Kewajiban Menutup Aurat

Kewajiban menutup aurat dalam Islam dijelaskan dalam berbagai dalil, antara lain:

  1. Hadits Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Serulah kaum perempuanmu untuk menutupi diri mereka, karena itu adalah bentuk kehormatan bagi mereka." (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan Ahmad)

  2. Firman Allah dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 59: "Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Hal ini akan lebih memudahkan mereka untuk dikenali dan tidak diusik. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

  3. Hadits Abdullah bin Umar, Nabi SAW bersabda: "Allah tidak akan memandang wanita yang mengenakan pakaian ‘abaya’ di hari kiamat." (HR. An-Nasa’i dan Al-Hakim)

  4. Hadits Ummi Salamah, Rasulullah SAW bersabda: "Perempuan, jika sudah baligh, tidaklah senonoh bagi mereka jika dilihat oleh laki-laki kecuali pada bagian wajah dan telapak tangan mereka." (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

BACA JUGA:   Batasan Aurat Laki-Laki dan Perempuan: Apa Perbedaannya?

Dari dalil-dalil tersebut, merupakan bukti bahwa menutup aurat merupakan kewajiban bagi laki-laki dan perempuan muslim.

Keutamaan Menutup Aurat

Sedikitnya, menutup aurat memiliki 5 manfaat bagi kaum muslimin dan muslimah.

  1. Menjaga Kehormatan Diri

Menutup aurat dapat membantu menjaga kehormatan diri seorang perempuan dan laki-laki. Dengan menutup aurat, maka tidak akan adanya pihak-pihak yang berupaya mempermalukan diri kita karena tindakan kita yang tidak wajar.

  1. Menjaga Kesucian

Menjaga aurat juga berarti menjaga kesucian diri. Dengan tidak menunjukkan aurat, maka akan terhindar dari perbuatan-perbuatan tercela dan dosa.

  1. Menjaga Keharmonisan Keluarga

Menutup aurat juga dapat membantu menjaga keharmonisan keluarga. Dengan menutup aurat, maka keluarga akan terhindar dari godaan dan hawa nafsu.

  1. Menjaga Kesehatan Rohani

Dalam Islam, kebersihan adalah bagian dari iman. Dengan menjaga kebersihan, maka akan tercipta kesehatan rohani. Menjaga aurat juga berarti menjaga kebersihan diri dari segi spiritual.

  1. Meraih Keberkahan

Setiap amalan yang dilakukan dengan niat yang benar dan ikhlas pasti akan mendapatkan keberkahan. Begitu juga dengan menutup aurat. Dengan menutup aurat, maka kita memperlihatkan rasa ketundukan dan kepatuhan kepada Allah SWT sehingga akan mendapatkan keberkahan dari-Nya.

Kesimpulan

Menjaga aurat merupakan kewajiban bagi setiap Muslim dan Muslimah. Dalam menjaga aurat, selain menunjukkan rasa ketundukan kepada Allah SWT, juga membantu menjaga harga diri. Dalam menghadapi aneka godaan dan hawa nafsu yang ada di dunia, menjaga aurat adalah salah satu cara untuk terhindar dari perbuatan tercela dan dosa yang merusak kesucian diri kita. Dengan menutup aurat, maka akan mendapatkan keberkahan dan kesehatan rohani. Oleh karena itu, mari kita patuhi dan jalankan kewajiban menutup aurat sebagai seorang muslim sejati.

Also Read

Bagikan: