Perintah Menutup Aurat Bagi Kaum Perempuan

Dina Yonada

Perintah Menutup Aurat Bagi Kaum Perempuan
Perintah Menutup Aurat Bagi Kaum Perempuan

Perintah menutup aurat bagi kaum perempuan pertama kali diperintahkan kepada manusia oleh Allah SWT melalui ayat-ayat suci dalam Al-Quran. Sejak itu, menjaga aurat adalah bagian penting dari agama Islam dan menjadi kewajiban bagi kaum muslimah. Namun, dalam era modern seperti sekarang, menjaga aurat seringkali menjadi hal yang sulit dilakukan.

Menutup aurat merupakan bagian dari konsep ketertiban sosial dalam Islam, yang bertujuan melindungi kaum perempuan dari segala bentuk pelecehan seksual dan kekerasan. Oleh karena itu, di dalam ajaran Islam, menjaga aurat adalah bagian penting dari kesucian, kehormatan, dan martabat seorang muslimah.

Namun, menjaga aurat tidak hanya diperintahkan dalam agama Islam, tetapi juga merupakan bagian dari budaya Indonesia yang kaya akan nilai-nilai moral dan spiritual. Di dalam budaya Indonesia, menjaga aurat terutama dilakukan oleh kaum perempuan, sebagai bentuk rasa hormat kepada diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

Namun, dalam era modern seperti sekarang, menjaga aurat seringkali menjadi hal yang sulit dilakukan, terutama oleh kaum perempuan yang tinggal di daerah perkotaan. Hal ini karena budaya konsumtif dan pergaulan bebas yang semakin merajalela di tengah masyarakat. Namun, kaum perempuan tetap harus melakukan yang terbaik untuk menjaga aurat mereka.

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh kaum perempuan untuk menjaga aurat mereka di era modern saat ini adalah sebagai berikut:

Mengenakan Pakaian yang Sesuai

Pakaian yang sesuai dengan ajaran agama Islam dan budaya Indonesia adalah pakaian yang sopan dan menutup aurat dengan baik. Kain yang digunakan juga sebaiknya tidak transparan dan tidak ketat, sehingga tidak menonjolkan lekuk tubuh. Saat memilih pakaian, kaum perempuan sebaiknya menghindari warna-warna terang dan bahan yang berkilau, karena hal ini dapat menarik perhatian orang lain.

BACA JUGA:   Hadits Tentang Menutup Aurat

Menghindari Pertemuan yang Tidak Perlu

Kaum perempuan sebaiknya menghindari pertemuan yang tidak perlu dengan orang lain, terutama dengan laki-laki yang bukan mahramnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari situasi yang dapat menimbulkan godaan dan melanggar aturan menjaga aurat.

Menghindari Media Sosial yang Berlebihan

Saat ini, media sosial merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat membuka peluang untuk berinteraksi dengan orang lain yang tidak pantas. Kaum perempuan sebaiknya bijak dalam menggunakan media sosial dan menghindari melakukan tindakan yang melanggar aturan menjaga aurat.

Berteman dengan Orang yang Berpikiran Sama

Berteman dengan orang yang berpikiran sama dapat membantu kaum perempuan menjaga aurat. Dalam pergaulan, kaum perempuan sebaiknya memilih teman-teman yang memiliki nilai-nilai moral yang tinggi dan dapat menjadi pengingat untuk saling menjaga aurat.

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Keluarga

Menjalin hubungan yang baik dengan keluarga adalah bagian penting dari menjaga aurat. Keluarga yang harmonis dapat memberikan dukungan dan pengawasan yang positif bagi kaum perempuan dalam menjaga aurat.

Dalam kesimpulannya, Menjaga aurat adalah bagian dari konsep ketertiban sosial dalam Islam dan budaya Indonesia, yang bertujuan melindungi kaum perempuan dari segala bentuk pelecehan seksual dan kekerasan. Dalam era modern seperti sekarang, menjaga aurat seringkali menjadi hal yang sulit dilakukan, terutama di perkotaan. Sebagai muslimah, kita harus melakukan yang terbaik untuk menjaga aurat kita dengan menutup aurat dengan baik, menghindari pertemuan yang tidak perlu, menghindari media sosial yang berlebihan, berteman dengan orang yang berpikiran sama, dan menjalin hubungan yang baik dengan keluarga.

Also Read

Bagikan: