Mengetahui Batas Aurat Perempuan yang Dianjurkan dalam Islam

Huda Nuri

Mengetahui Batas Aurat Perempuan yang Dianjurkan dalam Islam
Mengetahui Batas Aurat Perempuan yang Dianjurkan dalam Islam

Banyak dari kita yang mungkin sudah tahu tentang batas aurat perempuan dalam Islam. Tapi ada juga yang belum memahami dengan baik mengenai hal tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu aurat perempuan, apa yang harus ditutup dan bagaimana pentingnya menjaga aurat perempuan dalam Islam.

Apa itu Aurat Perempuan?

Dalam Islam, aurat perempuan adalah bagian-bagian tubuh yang harus ditutupi dari pandangan laki-laki yang bukan mahram. Dalam hal ini, mahram adalah orang yang tidak boleh dinikahi dalam Islam seperti ayah, kakek, saudara, anak, cucu laki-laki, dan suami. Batas aurat perempuan juga berbeda-beda tergantung pada pandangan masing-masing agama.

Apa yang Harus Ditutup?

Berdasarkan hadis Rasulullah SAW, aurat perempuan terdiri dari seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki, kecuali wajah dan telapak tangan. Oleh karena itu, perempuan harus menutupi rambut, leher, dada, punggung, perut, pinggul, paha, dan kaki kecuali telapak kakinya.

Beberapa pakaian yang dapat digunakan untuk menutupi aurat perempuan di antaranya adalah:

  • Jilbab: digunakan untuk menutupi kepala, leher, dan dada.
  • Gamis: digunakan untuk menutupi seluruh tubuh perempuan dari leher hingga ke kaki.
  • Kaftan: digunakan untuk menutupi seluruh tubuh perempuan dari leher hingga ke kaki.
  • Kerudung: digunakan untuk menutupi rambut perempuan.

Pentingnya Menjaga Aurat Perempuan dalam Islam

Menjaga aurat perempuan merupakan kewajiban dalam Islam. Kita harus menjaga aurat ini karena termasuk sebagai salah satu bentuk menjaga kehormatan diri sendiri. Di dalam Islam, menjaga aurat perempuan juga terkait erat dengan tata cara berhubungan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram. Jika aurat perempuan terbuka, maka hal ini dapat memicu terjadinya fitnah.

BACA JUGA:   Pentingnya Menutup Aurat

Selain itu, menjaga aurat perempuan juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi perempuan itu sendiri. Dengan menutup aurat perempuan, maka orang lain tidak akan mengomentari penampilan kita. Perempuan pun dapat merasa lebih percaya diri dan terlihat lebih anggun.

Kesimpulan

Dalam Islam, mengetahui batas aurat perempuan dan menjaganya merupakan kewajiban bagi setiap perempuan. Aurat perempuan harus ditutupi melalui beberapa pakaian seperti jilbab, gamis, kaftan, dan kerudung. Hal ini penting untuk menjaga kehormatan diri sendiri serta mencegah terjadinya fitnah. Dengan menjaga aurat perempuan, maka perempuan dapat merasa aman, nyaman, dan terlihat lebih percaya diri.

Also Read

Bagikan: