Menikah Mendahului Kakak Perempuan: Apa yang Perlu Diketahui dari Sudut Pandang Agama Islam

Dina Yonada

Menikah Mendahului Kakak Perempuan: Apa yang Perlu Diketahui dari Sudut Pandang Agama Islam
Menikah Mendahului Kakak Perempuan: Apa yang Perlu Diketahui dari Sudut Pandang Agama Islam

Menikah Mendahului Kakak Perempuan: Dibolehkan atau Dilarang?

Menikah adalah salah satu momen yang sangat sakral dan membahagiakan. Namun, jika ada perbedaan status sosial antara pasangan, pengambilan keputusan pernikahan bisa menjadi sebuah masalah yang kompleks. Salah satunya adalah menikah mendahului kakak perempuan. Menurut agama Islam, menikah mendahului kakak perempuan diizinkan atau tidak?

Sebelum membahas lebih jauh tentang topik ini, penting bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu arti dari menikah mendahului kakak perempuan. Menikah mendahului kakak perempuan adalah kondisi di mana seorang laki-laki menikah dengan seorang perempuan yang usianya lebih muda dari kakak perempuannya.

Menikah Mendahului Kakak Perempuan Menurut Agama Islam

Sedangkan menurut agama Islam, rumahfiqih.com menjelaskan bahwa menikah mendahului kakak perempuan diperbolehkan, karena tidak ditemukan dalil yang melarangnya. Yang diharuskan bagi adik adalah menghormati kakaknya. Ayat Al Qur’an dalam surat An-Nisa’ [4:23] juga berbicara tentang perkawinan antara seorang laki-laki dengan perempuan yang bukan mahramnya, namun tidak ada larangan bagi mereka yang menikah tanpa adanya unsur paksaan atau tekanan.

Hal ini sejalan dengan apa yang diajarkan oleh rasulullah SAW dalam sebuah haditsnya yang menyatakan “Sahabatku, seandainya saya melebihkan hak seorang laki-laki atas saudaranya maka aku akan melebihkan hak kesayangan (anak perempuan) kepada ayah saudaranya” (Muttafaqun alaihi).

Mengapa beberapa orang masih merasa keberatan dengan menikah mendahului kakak perempuan?

Tentunya, ada beberapa alasan mengapa masih banyak orang yang merasa keberatan dengan menikah mendahului kakak perempuan meski menurut agama Islam hal tersebut diperbolehkan. Pertama, di dalam kebudayaan Indonesia, masih banyak orang yang memegang adat istiadat turun-temurun sehingga membuat beberapa orang merasa keberatan dengan pernikahan semacam ini. Kedua, adanya pandangan bahwa adik harus menghormati kakaknya dan tidak menyakiti perasaannya.

BACA JUGA:   Makalah Hukum Pernikahan dalam Islam

Namun, sesuai dengan apa yang telah dijelaskan dalam ajaran agama Islam, menikah mendahului kakak perempuan tetap diperbolehkan. Ini karena tidak menyalahi prinsip-prinsip agama, dan kesepakatan dari masing-masing pasangan terkait keputusan untuk menikah dengan pasangan yang dicintai.

Penyebab Banyaknya Pernikahan Antar Persaudaraan

Menikah mendahului kakak perempuan memang kontroversial dalam masyarakat kita. Akan tetapi, fakta menunjukkan bahwa hal ini sering terjadi di Indonesia. Salah satu penyebabnya ialah karena banyaknya perbedaan usia antara anggota keluarga, terutama bagi keluarga yang memiliki banyak anak.

Selain itu, juga ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi. Misalnya, adanya keinginan untuk memperbaiki status sosial, lingkungan sosial yang memperbolehkan, dan faktor ekonomi yang membuat seorang laki-laki merasa harus secepatnya menikah. Dengan kata lain, ada banyak faktor yang membuat menikah mendahului kakak perempuan menjadi sebuah pilihan.

Namun demikian, penting untuk diingat bahwa keputusan untuk menikah harus dipertimbangkan dengan matang. Seorang pasangan harus saling mencintai dan menyayangi, serta saling menghargai dan menghormati. Selanjutnya, pasangan juga harus siap menghadapi konsekuensi dari pernikahan mereka, baik dari keluarga ataupun masyarakat sekitar.

Kesimpulan

Dalam agama Islam, menikah mendahului kakak perempuan diperbolehkan. Namun, masih banyak orang yang merasa keberatan dengan pernikahan semacam ini karena adanya adat istiadat dan pandangan bahwa adik harus menghormati kakaknya. Meski demikian, setiap pasangan patut mempertimbangkan keputusan ini dengan matang dan saling mencintai dan menyayangi.

Akhir kata, semoga artikel ini dapat memberikan wawasan baru bagi Anda, khususnya terkait dengan menikah mendahului kakak perempuan. Jangan lupa untuk selalu mengedepankan nilai-nilai agama dan saling menghargai antar anggota keluarga. Terima kasih telah membaca artikel kami yang panjang ini.

Also Read

Bagikan:

Tags