Pengertian Aurat Secara Bahasa dan Istilah

Huda Nuri

Pengertian Aurat Secara Bahasa dan Istilah
Pengertian Aurat Secara Bahasa dan Istilah

Aurat adalah sesuatu yang penting dalam agama Islam. Bagi umat muslim, menjaga aurat merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Namun, sebelum membahas tentang aurat, mari kita pahami terlebih dahulu pengertian aurat secara bahasa dan istilah.

Pengertian Aurat Secara Bahasa

Secara bahasa, aurat berasal dari bahasa Arab yang berarti “sesuatu yang tersembunyi”. Aurat juga dapat diartikan sebagai bagian tubuh yang harus ditutupi.

Pengertian Aurat Secara Istilah

Secara istilah, aurat adalah daerah tubuh yang harus ditutupi oleh pakaian sesuai dengan tuntunan agama. Aurat bagi laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan.

Aurat bagi Laki-laki

Aurat bagi laki-laki terdiri dari bagian tubuh dari pusar hingga lutut yang harus ditutupi oleh pakaian. Namun, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang aurat bagi laki-laki. Beberapa ulama berpendapat bahwa aurat bagi laki-laki hanya sebatas antara pusar dan selangkangan.

Aurat bagi Perempuan

Aurat bagi perempuan lebih luas dibandingkan dengan laki-laki. Aurat perempuan terdiri dari seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Namun, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang aurat bagi perempuan. Ada yang berpendapat bahwa perempuan harus menutup seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan, ada juga yang meyakini bahwa aurat perempuan hanya sebatas antara pusar dan lutut.

Pentingnya Menjaga Aurat

Menjaga aurat merupakan kewajiban bagi umat muslim. Hal ini karena aurat merupakan sesuatu yang pribadi dan seharusnya tidak ditampilkan kepada orang lain. Selain itu, menjaga aurat juga merupakan bentuk penghormatan terhadap diri sendiri dan orang lain.

BACA JUGA:   Pentingnya Memahami Aurat Perempuan untuk Menjaga Kepribadian dan Keadilan Sosial

Kesimpulan

Dalam agama Islam, menjaga aurat merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Aurat adalah daerah tubuh yang harus ditutupi oleh pakaian sesuai dengan tuntunan agama. Penting bagi umat muslim untuk memahami pengertian aurat secara bahasa dan istilah, serta menjaga aurat dengan baik sebagai bentuk penghormatan terhadap diri sendiri dan orang lain.

Also Read

Bagikan: