Perintah Menutup Aurat dalam Surat

Dina Yonada

Perintah Menutup Aurat dalam Surat
Perintah Menutup Aurat dalam Surat

Surat Al-Ahzab 59 merupakan surat di dalam Al-Quran yang menjelaskan tentang perintah menutup aurat bagi perempuan muslim. Ayat tersebut mengatakan, "Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menutup aurat bagi seorang muslimah.

Menutup aurat adalah sesuatu yang sudah seharusnya dilakukan oleh seorang perempuan muslim. Di dalam Islam, menutup aurat merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslimah. Hal ini bertujuan untuk melindungi harga diri dan martabat wanita dari segala bentuk godaan atau penghinaan.

Tidak hanya itu, menutup aurat juga membantu menyeimbangkan tampilan antara perempuan dan laki-laki. Seorang perempuan muslim yang menutup aurat nya dengan baik, akan terlihat lebih anggun dan terhormat. Bahkan dalam hal ini, Allah SWT sudah memberikan contoh atau teladan pada Nabi Muhammad SAW yang menjaga tampilan dirinya yang rapi dan bersih.

Namun, dalam menjalankan kewajiban menutup aurat ini, banyak perempuan yang mengalami kesulitan dalam memilih busana yang sesuai. Untuk itu, diperlukan pengetahuan tentang jenis pakaian yang baik dalam menutup aurat, agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dalam menjalankan kewajiban ini. Berikut adalah beberapa jenis pakaian yang bisa digunakan untuk menutup aurat:

Hijab

Hijab merupakan jenis pakaian yang cukup populer di Indonesia. Hijab sendiri sebenarnya adalah istilah yang mengacu pada kerudung atau jilbab yang dipakai di atas kepala. Ada beberapa jenis hijab yang bisa dipilih, seperti pashmina, segiempat, maupun khimar. Pemilihan hijab yang tepat dapat membuat seorang muslimah terlihat cantik, elegan, dan tetap menutup aurat.

BACA JUGA:   Hadist Menutup Aurat

Busana Muslimah

Selain hijab, busana muslimah juga menjadi pilihan untuk menutup aurat. Busana muslimah adalah pakaian yang dirancang khusus untuk perempuan muslimah dengan memperhatikan syarat menutup aurat. Ada banyak model busana muslimah yang bisa dipilih, seperti gamis, tunik, blus, hingga jilbab yang dilengkapi dengan atasan.

Celana Panjang

Untuk bagian bawah, sebaiknya pilih celana panjang yang longgar dan menutupi seluruh kaki. Hindari pemilihan celana ketat atau yang terlalu seksi karena hal tersebut akan membuat kesulitan dalam menjalankan kewajiban menutup aurat.

Kaftan

Kaftan adalah pakaian yang panjang dan longgar yang biasanya dikenakan sebagai pakaian santai. Namun, kaftan juga bisa dijadikan sebagai pilihan untuk menutup aurat. Ada berbagai desain kaftan yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis pakaian yang bisa digunakan untuk menutup aurat, selanjutnya penting untuk memilih pakaian yang tepat dalam konteks situasi tertentu. Misalnya, ketika berada di dalam rumah atau ruangan tertutup, bisa terlihat lebih santai dan memilih busana muslimah yang simple. Namun, ketika keluar rumah atau berada di tempat umum, sebaiknya dipilih pakaian yang lebih formal dan mengandung unsur fashion.

Selain pemilihan jenis pakaian, seorang muslimah juga perlu memperhatikan warna dan bahan pakaian yang digunakan. Pemilihan warna yang baik dapat membuat tampilan menjadi lebih berkesan dan elegan. Sedangkan pemilihan bahan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi cuaca.

Dalam menjalankan kewajiban menutup aurat, perempuan muslim harus selalu memperhatikan ketentuan yang telah diatur oleh agama Islam. Dengan menutup aurat, seorang muslimah akan terlihat lebih sopan dan terhormat. Selain itu, menjalankan kewajiban menutup aurat juga akan membuktikan bahwa kita adalah seorang muslim yang taat pada agamanya.

BACA JUGA:   Batasan Aurat Laki-laki dan Perempuan

Kesimpulan

Menutup aurat bukan hanya sekedar suatu kewajiban atau syarat dalam agama Islam, tetapi juga merupakan usaha untuk melindungi serta menjaga kehormatan diri seorang perempuan. Oleh karena itu, pemilihan jenis pakaian, warna, dan bahan sangatlah penting untuk memastikan menutup aurat dengan tepat dan benar.

Setiap muslimah harus selalu memperhatikan dan menjalankan kewajiban untuk menutup aurat dengan baik dan konsisten. Dengan begini, akan tercipta suasana yang lebih tenang dan terhindar dari segala bentuk godaan yang bisa merusaknama baik diri sendiri maupun keluarga. Jadi, yuk jaga aurat kita dengan baik, untuk meraih rahmat Allah SWT.

Also Read

Bagikan: