Aurat Laki-Laki: Pedoman Hidup Seorang Muslim

Dina Yonada

Aurat Laki-Laki: Pedoman Hidup Seorang Muslim
Aurat Laki-Laki: Pedoman Hidup Seorang Muslim

Pada dasarnya, seorang muslim pria diwajibkan untuk menjaga auratnya dengan baik. Aurat laki-laki sendiri terdiri dari beberapa bagian tubuh seperti kemaluan, paha, dan pinggang. Namun tidak sedikit kaum pria yang sering kali mengabaikan hal ini. Padahal, menjaga aurat adalah bagian dari iman yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim.

Kenapa Penting Menjaga Aurat Laki-Laki

Menjaga aurat merupakan bentuk dari ketaatan kepada Allah. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman bahwa "Hai anak Adam, sesungguhnya Kami (Allah) telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan menjadi indah bagimu, dan pakaian taqwa itulah yang paling baik." (QS. Al-A’raf: 26)

Dengan menjaga aurat, seorang muslim pria telah melakukan ketaatan terhadap Allah SWT. Selain itu, menjaga aurat juga dapat menghindarkan diri dari godaan syahwat yang dapat membawa kepada perbuatan dosa.

Bagaimana Cara Menjaga Aurat Laki-Laki

Menjaga aurat laki-laki dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:

1. Memakai Pakaian yang Tepat

Pakaian yang dikenakan oleh seorang muslim pria haruslah menutupi auratnya dengan baik. Pakaian yang dikenakan juga haruslah sopan dan tidak terlalu ketat. Hindarilah memakai pakaian yang terlalu tipis atau transparan yang dapat memperlihatkan aurat.

2. Hindari Memakai Celana yang Terlalu Pendek

Hindari memakai celana yang terlalu pendek atau shorts. Sebagian besar pakaian pria saat ini mengikuti trend fashion, sehingga hanya menutupi bagian bawah tubuh saja. Jangan lupa bahwa aurat laki-laki meliputi seluruh bagian dari pinggang hingga ujung lutut.

BACA JUGA:   Apa Itu Aurat: Penjelasan Lengkap Tentang Aurat dalam Islam

3. Jaga Sikap dan Posisi Tubuh

Saat duduk atau berdiri, seorang muslim pria haruslah menjaga sikap dan posisi tubuhnya agar tidak menonjolkan aurat. Hindari duduk dengan kaki terbuka atau posisi duduk yang terlalu santai.

4. Hindari Berlama-Lama Berada di Tempat Umum

Selalu hidari berada terlalu lama di lokasi umum atau tempat-tempat yang ramai. Dalam keadaan saat ini, banyak sekali para orang yang merasa tidak nyaman dengan perilaku yang kurang sopan akibat dari menunjukkan aurat mereka di depan publik.

5. Jangan Lupa Membaca Doa Sebelum Berpakaian

Sebelum berpakaian atau mengganti pakaian, seorang muslim pria hendaknya membaca doa seperti “Bismillahi ma tahtasiru min jambi wal jallaabiyyah” atau "Allahumma inni a’udzu bika min al-hammi wal-hazani, wa a’udzu bika min al-‘ajzi wal-kasali, wa a’udzu bika min al-jubni wal-bukhli, wa a’udzu bika min ghalabat al-daini wa qahr al-rijal."

Dengan membaca doa, seorang muslim pria akan terhindar dari berbagai godaan yang dapat menggoda untuk merusak aurat dan imannya.

Kesimpulan

Menjaga aurat laki-laki adalah kewajiban bagi setiap muslim pria. Saat ini terdapat banyak sekali orang yang kurang memperhatikan hal ini, padahal aurat adalah suatu hal yang sangat penting dalam Islam. Selain untuk menjaga diri dari godaan syahwat, menjaga aurat juga merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita selalu menyadari kewajiban untuk menjaga aurat kita dan selalu memperbanyak ibadah agar senantiasa mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Also Read

Bagikan: