Jelaskan Makna Aurat: Definisi dan Makna dalam Islam

Dina Yonada

Jelaskan Makna Aurat: Definisi dan Makna dalam Islam
Jelaskan Makna Aurat: Definisi dan Makna dalam Islam

Aurat adalah bagian tubuh manusia yang harus ditutupi karena sebab-sebab tertentu dalam agama Islam. Terdapat beberapa pendapat di dalam Islam mengenai makna aurat tersebut, namun pada intinya, aurat terdiri dari bagian tubuh yang memerlukan perlindungan karena sensitivitas bagi kaum wanita dan penghormatan bagi kaum pria.

Definisi Aurat dalam Islam

Aurat mempunyai makna yang spesifik dalam Islam, yaitu suatu kewajiban untuk menutupi bagian tubuh tertentu sebagai penjagaan kesucian diri. Aurat bagi wanita terdiri dari seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Sedangkan aurat bagi pria adalah dari pusar hingga lutut.

Pakaian yang dikenakan pun harus sesuai dengan syariat Islam, yaitu longgar dan tidak ketat, serta menutupi seluruh aurat yang telah disebutkan di atas. Selain itu, hijab bagi wanita pun harus dikenakan dengan baik dan sebaik mungkin.

Makna Aurat dalam Agama Islam

Aurat yang harus ditutupi bagian tubuh tersebut mempunyai makna penting yang harus dipahami oleh umat Islam. Di antaranya, aurat ini harus dilindungi agar terjaga kesucian diri bagi kaum wanita dari pandangan orang lain yang bersifat pornografi/ tidak senonoh. Selain itu, aurat pula merupakan salah satu syarat agar dapat membaca Al-Quran dan sholat. Hal ini secara langsung berkaitan dengan pemurnian diri dalam Islam.

Maka, bila seorang muslim ingin terhindar dari godaan syaitan atau perbuatan yang merusak nilai agama, maka menutup aurat yang menjadi kewajiban bagi setiap muslim.

Pentingnya Menjaga Aurat Bagi Umat Islam

Pentingnya menjaga aurat bagi umat Islam yaitu sebagai bentuk ketaatan kepada Allah yang membawa pulasan kebahagiaan dan keberkahan. Selain itu, menjaga aurat juga menjadi bentuk tanggung jawab terhadap diri sendiri, orang lain, dan Allah.

BACA JUGA:   Menutup Aurat Adalah Tindakan Beribadah yang Penting

Menjaga aurat juga dapat membantu dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan keimanan. Sebab, orang yang menjaga auratnya bahkan di lingkup keluarga juga dapat memupuk keutuhan rumah tangga, membentuk pola hidup yang rapih, dan membentuk kepribadian diri yang kuat.

Keuntungan Menjaga Aurat

Menjaga Aurat bagi seorang muslim mempunyai keuntungan tersendiri. Selain melindungi diri dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, menjaga aurat juga dapat memperbaiki kualitas ibadah.

Selain itu, menjaga aurat pun dapat membentuk kepribadian yang baik dan memberikan contoh yang baik bagi lingkungan sekitar. Dalam Islam, orang yang berpakaian rapi dan teratur adalah tanda kemuliaan hati dan kesopanan dalam pergaulan sehari-hari.

Kesimpulan

Aurat adalah bagian tubuh yang perlu dijaga untuk membantu kesucian diri dalam Islam. Aurat yang harus ditutupi ini mempunyai makna yang sangat penting bagi umat Islam. Menjaga aurat juga memiliki banyak keuntungan tersendiri bagi pengikut Islam. Oleh karena itu, menjaga aurat merupakan kewajiban semua muslim dan menjadi tanggung jawab untuk diri sendiri, orang lain, dan Allah.

Also Read

Bagikan: