Mengapa Kita Harus Menutup Aurat

Huda Nuri

Mengapa Kita Harus Menutup Aurat
Mengapa Kita Harus Menutup Aurat

Dalam agama Islam, menutup aurat adalah sebuah kewajiban bagi setiap Muslim. Namun, masih banyak yang merasa ragu-ragu atau bahkan menolak untuk melakukannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa kita harus menutup aurat dan apa saja manfaatnya.

Apa Itu Aurat?

Sebelum membahas mengapa kita harus menutup aurat, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu aurat. Aurat adalah bagian tubuh yang harus ditutupi dalam Islam, baik pada laki-laki maupun perempuan. Aurat pada laki-laki adalah dari tulang rusuk hingga lutut, sedangkan pada perempuan adalah seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Mengapa Kita Harus Menutup Aurat?

Ada beberapa alasan mengapa kita harus menutup aurat sesuai dengan aturan Islam.

1. Menjaga Martabat Diri

Menutup aurat adalah salah satu caranya agar kita bisa menjaga martabat diri. Dengan menutup aurat, kita merasa lebih dihargai dan dihormati. Selain itu, orang lain juga akan memperlakukan kita dengan lebih sopan dan santun.

2. Mencegah Godaan

Menutup aurat juga bisa mencegah godaan. Kita harus mengakui bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk tergoda oleh apa yang terlihat. Dengan menutup aurat, kita bisa menghindari godaan yang mungkin muncul karena tampilan fisik yang terbuka.

3. Menjaga Kebersihan Pikiran

Ketika kita menutup aurat, kita juga menjaga kebersihan pikiran. Tampilan fisik yang terbuka bisa memicu pikiran-pikiran negatif yang seharusnya tidak boleh ada. Dengan menutup aurat, pikiran kita jadi lebih tenang dan terjaga dari kemungkinan pikiran-pikiran negatif.

BACA JUGA:   Jelaskan Pengertian Aurat

4. Menunjukkan Iman Yang Kuat

Menutup aurat juga bisa menunjukkan iman yang kuat pada Allah. Dengan menutup aurat, kita menunjukkan bahwa kita taat kepada aturan Allah meski hal itu mungkin tidak populer atau sulit.

Manfaat Menutup Aurat

Selain alasan-alasan untuk menutup aurat yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari menutup aurat.

1. Membuat Kita Lebih Fokus

Dengan menutup aurat, kita bisa membuat diri kita lebih fokus pada aktivitas yang sedang dilakukan. Sebaliknya, tampilan fisik yang terbuka bisa memecah konsentrasi kita.

2. Memberikan Rasa Aman

Menutup aurat juga bisa memberikan rasa aman. Kita akan merasa lebih nyaman dan tenang jika aurat kita ditutupi karena tidak akan ada rasa khawatir atau takut terkena pandangan yang tidak pantas.

3. Lebih Terhindar Dari Penyakit

Menutup aurat juga bisa membantu kita lebih terhindar dari penyakit, terutama saat cuaca sedang dingin. Dengan menutup aurat, kita bisa menjaga suhu tubuh dan menghindari terkena penyakit karena cuaca yang tidak bersahabat.

4. Menjaga Kepercayaan Diri

Terakhir, menutup aurat juga bisa membantu menjaga kepercayaan diri kita. Kita tidak perlu khawatir atau merasa malu karena tampilan fisik kita yang terbuka, karena aurat kita ditutupi dan tidak ada yang bisa melihatnya.

Kesimpulan

Dalam Islam, menutup aurat adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap Muslim. Menutup aurat memiliki banyak manfaat, seperti menjaga martabat diri, mencegah godaan, menjaga kebersihan pikiran, menunjukkan iman yang kuat pada Allah, membuat kita lebih fokus, memberikan rasa aman, lebih terhindar dari penyakit, dan menjaga kepercayaan diri. Dengan mengetahui manfaat dari menutup aurat, diharapkan kita bisa semakin yakin dan taat pada aturan Allah.

Also Read

Bagikan: