Menurut Bahasa Aurat Artinya

Dina Yonada

Menurut Bahasa Aurat Artinya
Menurut Bahasa Aurat Artinya

Aurat adalah suatu hal yang sering dibicarakan dalam agama Islam. Beberapa orang mungkin tahu apa itu aurat, namun bagi sebagian orang mungkin masih kurang paham dan ingin mengetahui lebih jelas lagi. Menurut bahasa, aurat artinya sesuatu yang harus ditutupi atau disembunyikan. Di dalam agama Islam, aurat memiliki arti yang sama yaitu bagian tubuh yang harus ditutupi oleh seorang wanita atau laki-laki ketika berada di depan umum.

Definisi Aurat

Aurat memiliki definisi yang berbeda-beda bagi wanita dan laki-laki. Bagi wanita, auratnya adalah seluruh tubuhnya kecuali wajahnya dan kedua telapak tangannya yang berkaitan dengan beberapa kegiatan seperti makan, minum, dan sejenisnya. Sedangkan bagi laki-laki, auratnya adalah dari pusar hingga lututnya. Namun, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa aurat laki-laki adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan kedua telapak tangannya.

Keutamaan Menutup Aurat

Menutup aurat adalah hal yang sangat penting dalam agama Islam. Ada beberapa keutamaan yang bisa diraih dengan menutup aurat, di antaranya:

  1. Mendapatkan pahala dari Allah SWT.

  2. Merupakan tanda ketaqwaan kepada Allah SWT.

  3. Melindungi diri dari godaan setan dan menjaga kehormatan dan martabat diri sendiri.

  4. Memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan sekitar.

Hukum Menjaga Aurat

Hukum menjaga aurat di dalam agama Islam adalah fardhu ‘ain bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun wanita. Hal ini diatur dalam Al-Quran Surah Al-A’raf ayat 26 yang berbunyi:

“Wahai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk pakaianmu serta pakaian taqwa, yang demikian itu adalah sebaik-baik (pakaian), yang itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.”

BACA JUGA:   Hukum Tidak Menutup Aurat

Dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah memiliki hak terhadap wanita yang mustahiq atas tiga jenis pakaian, pakaian yang menutup aurat, pakaian yang indah, dan pakaian yang taqwa. Maka siapa saja yang telah mempunyainya maka ia telah menunaikan hak Allah ke atas dirinya sebagai seorang wanita muslimah.” (HR. Abu Daud)

Aurat di Tempat Umum

Saat berada di tempat umum, seorang muslimah harus menutup auratnya. Hal ini terkait dengan menjaga kehormatan dan martabat diri. Aurat yang harus ditutupi oleh wanita ketika berada di depan umum adalah rambut, leher, dada, bahu, dan kaki. Sedangkan bagi laki-laki, auratnya yang harus ditutupi adalah auratnya dari pusar hingga lutut.

Aurat Ketika Shalat

Saat melakukan ibadah shalat, seorang muslimah harus menutup auratnya dengan benar. Hal ini sangat penting untuk menjaga konsentrasi saat beribadah dan sebagai tanda ketaqwaan kepada Allah SWT. Aurat wanita ketika shalat adalah seluruh tubuhnya kecuali wajahnya dan kedua telapak tangannya. Sedangkan aurat laki-laki yang harus ditutup saat shalat adalah dari pusar hingga lututnya.

Kesimpulan

Aurat adalah bagian tubuh yang harus ditutupi oleh setiap muslim, baik wanita maupun laki-laki. Hal ini karena menjaga aurat memiliki banyak keutamaan dan diwajibkan dalam agama Islam. Menjaga aurat juga merupakan tanda ketaqwaan kepada Allah SWT. Sebagai seorang muslim yang baik, kita harus selalu menjaga aurat dengan baik dan benar, baik saat berada di tempat umum maupun ketika beribadah. Dengan menjaga aurat, kita juga dapat menjaga kehormatan dan martabat diri serta memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan sekitar.

Also Read

Bagikan: